11 Jaringan Irigasi di Lambar Direhabilitasi

11 Jaringan Irigasi Di Lambar Akan Direhabilitasi

Liwa – Dalam rangka memenuhi sarana prasana pertanian untuk meningkatkan produksi pangan di wilayah Lampung Barat, Pemkab setempat melalui Dinas PU tahun ini akan merehabilitasi jaringan irigasi di 11 lokasi yang tersebar di wilayah itu.

Kepala Dinas PUPR Lampung Barat Sudarto, Minggu, 23 Agustus 2020, mengatakan kegiatan rehabilitasi jaringan irigasi di 11 lokasi itu dilaksanakan melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) penugasan bidang irigasi tahun 2020 ini.

Sesuai rencana lanjut Sudarto, ke-11 jaringan irigasi yang akan direhab itu terdiri  jaringan irigasi di Way Muara Jaya I dan II Pekon Muarajaya dan Pekon Sinar Luas Kecamatan Kebuntebu. Kemudian rehabilitasi jaringan daerah irigasi di Way Palakia Bandung Pekon Buanyerupa Kecamatan Sukau. Rehabilitasi jaringan daerah irigasi Way Srimulyo  Pekon Trimekarjaya dan Pekon Srimulyo Kecamatan Bandarnegeri Suoh. Kemudian rehabilitasi jaringan irigasi di Way Sawah Lega  Pekon Muarajaya II Kecamatan Kebuntebu.  Rehabilitasi jaringan irigasi di Way Kerung II Pekon Bandaragung Kecamatan Bandarnegeri Suoh.

Rehabilitasi jaringan irigasi Way Semangka Hantatai Pekon Hantatai Kecamatan Bandarngeri Suoh, rehabilitasi jaringan irigasi Way Litak di Pekon Sukamulya Kecamatan Sukau. Kemudian rehabilitasi jaringan irigasi Way Campang Limau Pekon Sukananti dan Pekon Tanjungraya Kecamatan Waytenong, rehabilitasi jaringan irigasi Way Haru Sekunyir Pekon Srimulyo Kecamatan Bandarnegri Suoh.

“Kemudian rehabilitasi jaringan irigasi Way Giham Pekon Pahayujaya Kecamatan Pagardewa dan rehabilitasi jaringan irigasi Way Maja I Pekon Bandaragung Kecamatan Bandarnegeri Suoh,” katanya.

Sudarto menjelaskan, jaringan irigasi yang direhabilitasi itulah semuanya adalah saluran irigasi primer. Kegiatan rehabilitasi seluruh jaringan irigasi yang tersebar di belasan lokasi tersebar di beberapa kecamatan itu adalah dalam rangka mendukung target produksi padi untuk mendukung  swasembada pangan sekaligus meningkatkan produksi pangan di Lambar.

Melalui kegiatan rehabilitasi saluran irigasi primer ini maka diharapkan petani dapat melaksanakan cocok tanam secara maksimal sehingga target produksinya bisa tercapai secara maksimal. (LP)

Share