12 Sumber Karbohidrat Tinggi yang Menyehatkan

Jakarta – Karbohidrat merupakan salah satu komponen nutrisi penting dari makanan, tetapi banyak yang memilih mengurangi bahkan menghindarinya. Sebenarnya ada sumber karbohidrat tinggi yang tetap menyehatkan dan menawarkan beberapa manfaat kesehatan. Apa saja ya?

Fungsi karbohidrat adalah untuk menyediakan energi tubuh, menjaga fungsi otak dan mengurangi risiko penyakit lainnya. Karena kita sebenarnya tidak dapat menghindari 100 % nutrisi ini.

Hal penting yang diperhatikan saat makan yakni seberapa besar porsi karbohidrat. Karena kebutuhan karbohidrat setiap orang berbeda-beda tergantung usia dan faktor risiko.

Selain itu carilah sumber karbohidrat menyehatkan terutama yang kaya akan karbohidrat jenis serat.

Berikut ini sumber karbohidrat yang sehat dan bisa dikonsumsi setiap hari:

1. Ubi jalar

Makanan yang mengandung karbohidrat tinggi adalah ubi jalar. Satu buah ubi jalar ukuran sedang dengan kulitnya mengandung 23,61 gram karbohidrat. Ubi jalar merupakan sumber potasium dan vitamin A serta C.

Sebuah studi tahun 2015 menemukan bahwa beberapa molekul karbohidrat dalam ubi mengandung antioksidan yang bermanfaat sebagai anti tumor.

2. Bit

Bit adalah sayuran berakar dengan warna ungu yang bisa dimakan mentah atau dimasak.

Dalam satu cangkir bit mentah mengandung 13 gram karbohidrat. Bit kaya akan kalium, kalsium, folay dan vitamin A. Bit juga mengandung nitrat anorganik alami yang bermanfaat bagi kesehatan jantung.


3. Jagung

Jagung adalah sayuran populer yang bisa dinikmati dalam bentuk lauk, rebusan atau campuran salad.

Dalam 100 gram jagung mengandung sekitar 25 gr karbohidrat dan 3,36 gr protein. Jagung juga mengandung vitamin C.

Menurut sebuah penelitian tahun 2007, jagung bermanfaat untuk kadar gula darah dan tekanan darah tinggi.

Bagikan