14 Januari, Vaksinasi Dilakukan di RSUD Abdul Muluk

Bandar Lampung – Pemerintah akan melaksanakan vaksinasi kepada 20 pimpinan dan tokoh di Provinsi Lampung pada 14 Januari 2021. Vaksinasi perdana ini akan dilaksanakan di RSUD Abdul Muluk.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Lampung dr Hj Reihana menyatakan segala persiapan sudah dilakukan secara matang. Pihaknya telah memberikan pelatihan kepada tenaga kesehatan (nakes) yang akan menjadi vaksinator.

“Ini adalah vaksinasi tahap pertama diperuntukkan kepada nakes dan diawali para pimpinan serta tokoh lintas agama,” kata dia, Rabu, 13 Januari 2021.

Ia menjelaskan, selama menunggu jadwal dari pemerintah, vaksin disimpan di tempat khusus. Hal itu dilakukan demi menjaga vaksin tetap berada pada suhu 2-8 derajat celsius.

Kemudian, pihaknya juga telah mendistribusikan vaksin ke lima belas kabupaten/kota. Pembagian vaksin menyesuaikan dengan kebutuhan daerah setempat.

“BPOM sudah mengeluarkan EUA dan sudah dinyatakan halal oleh MUI. Jadi ini aman, mudah-mudahan berjalan lancar,” kata Jubir Satgas Penanganan Covid-19 Lampung itu.

Tokoh yang akan menjalani vaksinasi adalah jajaran Forkopimda, yakni Wakil Gubernur Lampung, Sekretaris Daerah, Bupati Pesawaran, Bupati Tanggamus, Bupati Tulang Bawang, dan Kepala Dinkes Lampung.

Kemudian, Kapolda Lampung, Kepala Kejaksaan Tinggi Lampung, Ketua DPRD Lampung, Wakil Direktur Pelayanan RSUD Abdul Muluk. Selanjutnya, Komandan Korem 043/Gatam, Komandan Pangkalan AL, dan Komandan Pangkalan Udara.

Lalu, Ketua MUI Lampung, serta empat tokoh lintas agama dari FKUB Lampung. Ditambah dengan Ketua Komisi IV dan Komisi V DPRD Lampung.

Diketahui, Lampung telah menerima 40.520 dosis vaksin coronavac dari Sinovac. Vaksin itu akan diberikan kepada 35.829 tenaga medis.(LP)

Bagikan