5 Daerah Ini Jadi Penghasil Lobster Unggulan

Lobster Indonesia 3

Jakarta – Beberapa daerah di Indonesia tercatat sebagai kawasan penghasil lobster unggulan. Kini ada kebijakan baru terkait ekspor benih lobster asal Indonesia.

Lobster termasuk primadona seafood, hewan laut ini punya daging tebal yang empuk juicy. Tak heran kalau lobster kerap jadi buruan banyak orang meskipun banderol harganya terbilang tinggi.

Di Indonesia, ada beberapa daerah yang punya lobster berkualitas. Soal ukuran dan rasa, lobster-lobster dari kawasan potensial ini tak pernah mengecewakan. Sebut saja lobster dari Cilacap, Yogyakarta, Gresik hingga Aceh. Banyaknya daerah potensial penghasil lobster membuat Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo mengizinkan

Dari daerah ini, ada lobster yang dibanderol Rp 30.000 per kilogram namun ada juga yang harganya Rp 300.000 per kilogram. Harga lobster ini tergantung jenis lobster serta proses penangkapannya.

1. Yogyakarta

Kawasan Gunung Kidul jadi pusatnya lobster berkualitas di Yogyakarta. Ada beberapa pesisir pantai yang jadi spot berkumpulnya lobster-lobster ukuran besar. Sebut saja seperti pantai Timang, pantai Drini dan pantai Nampu yang jadi lokasi favorit para pemburu lobster.

Untuk mendapatkan lobster ini tidaklah mudah, para nelayan lobster harus pergi ke pantai dengan dinding tebing tinggi untuk melemparkan perangkap lobster. Tampat berburu lobster di Yogyakarta juga terbilang ekstreme dan mengerikan.

Di pantai Timang misalnya, para nelayan lobster harus membentangkan tali untuk menyeberang tebing demi mendapatkan lobster. Lobster asal Yogyakarta dibanderol mulai Rp 250.000 per ekor tergantung ukurannya. Di beberapa restoran di Gunung Kidul juga menyediakan olahan lobster lezat yang siap santap.

2. Lombok

Bukan hanya terkenal dengan pantainya yang eksotis dan indah, Lombok juga dikenal sebagai sentra penghasil lobster. Beberapa lokasi bahkan disebut-sebut sebagai surga untuk menikmati lobster.

Para penggemar lobster bisa menyambangi beberapa daerah di Lombok seperti Teluk Awang. Menurut Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti kawasan Teluk Awang jadi lokasi produksi lobster terbesar di Indonesia.

Saking banyaknya lobster di kawasan ini, para nelayan bisa menangkap ratusan bahkan ribuan lobster dalam sehari. Meskipun lobster sangat banyak di sini, tapi pemerintah setempat memiliki aturan ketat soal larangan penangkapan lobster ukuran kecil. Untuk lobster besar, banderol harganya bisa mencapai Rp 500.000 per ekornya.


3. Cilacap

Lobster Cilacap terkenal memiliki daging tebal dan rasa gurih. Letak geografis yang dikelilingi pantai membuat banyak warga memilih pekerjaan sebagai nelayan lobster. Harga lobster di sini juga terbilang lebih rendah yakni mulai Rp 100.000 hingga Rp 150.000 untuk satu ekor lobster.

Lain lagi dengan lobster yang masih hidup, harganya akan jauh lebih tinggi. Saking banyaknya warga yang memilih jadi nelayan lobster, tak jarang wisatawan sengaja datang untuk membeli lobster warga karena harganya lebih miring.

Tapi kalau mau melihat lebih banyak ukuran dan jenis lobster, cobalah datang ke Tempat Pelelangan Ikan (TPI) yang jadi pusat penjualan seafood tangkapan nelayan. Selain lobster, Cilacap juga terkenal dengan berbagai jenis udang seperti udang jerbung, udang tiger dan udang dogol.

4. Gresik


Di Gresik ada pusat budidaya lobster yang berlokasi di Bawean. Para nelayan melakukan budidaya di atas keramba yang mengapung di laut. Jangan sungkan untuk mampir ke keramba yang ada di sepanjang pantai pulau Bawean. Di sini kamu bisa mendapatkan lobster segar setiap hari.

Ada dua jenis lobster yang populer di Gresik ini, lobster bambu dan lobster mutiara. Kamu bisa menyantap lobster ini langsung ataupun dijadikan buah tangan untuk dimasak sendiri.

Selain dipasok untuk memenuhi kebutuhan pasar lokal, lobster asal Gresik ini juga sudah banyak diekspor ke negara lain seperti Singapura, Hongkong dan Taiwan. Harga per kilogram lobster ini sekitar Rp 100 ribuan.

5. Aceh

Di ujung Barat Indonesia juga jadi lokasi budidaya lobster. Di Aceh ada kawasan Pulo Aceh di Kabupaten Aceh Besar yang terkenal dengan lobsternya. Ada banyak jenis lobster yang bisa ditangkap dari kawasan ini.

Beberapa jenis lobster antara lain lobster bambu, lobster mutiara, lobster batu hingga lobster pasir setiap hari jadi tangkapan nelayan. Ukuran lobster di sini terbilang agak kecil namun dagingnya tebal dan manis. Satu ekor lobster memiliki bobot 100 hingga 200 gram yang dibanderol dengan harga Rp 25 ribu hingga Rp 30 ribu per ekornya. (Dtk)

Share