3 Cara Bikin Poached Egg Mulus dan Leleh dari Jamie Oliver

3 Cara Bikin Poached Eggs

Jakarta – Bosan dengan telur goreng atau telur dadar, bikin saja poached eggs ala restoran. Kamu bisa ikuti 3 cara bikin poached egg dari Jamie Oliver yang praktis ini.

Poached eggs atau telur rebus air terlihat sangat mudah, telur dipecahkan di dalam panci berisi air mendidih. Dalam hitungan menit bisa diangkat dan ditiriskan dan dimakan dengan roti panggang hangat.

Nyatanya tidak semudah itu. Seringkali orang mendapatkan hasil kuning telur terlalu encer atau bahan sudah agak mengeras dengan putih telur tersebar atau berantakan.

Poached eggs yang benar bagian putih telurnya membeku tetapi kuning telurnya mengalir kental ketika dipotong. Dijadikan topping roti panggang lalu disiram saus hollandaise yang gurih creamy.

Chef selebriti Jamie Oliver melalui kanal Youtubenya membagikan 3 cara praktis membuat poached eggs yang mulus dan lumer meleleh kuning telurnya.

3 Cara Bikin Poached Eggs 2

Hal yang terpenting dalam membuat poached eggs adalah telur ayam yang segar.

‘ Telur ayam harus benar-benar segar. Saat membeli jangan mengambil yang di depan rak tetapi cari telur di belakang rak. Karena penjual umumnya menaruh telur paling segar di bagian belakang,’ pesan Jamie Oliver.

Yang kedua adalah didihkan air hingga bergelembung kecil-kecil tetapi air tidak sampai mendidih bergolak. ‘Karena poaching bukan boiling, tidak memerlukan air mendidih bergolak karena bukan merebus telur,’ ungkap chef selebriti yang punya beberapa restoran di London ini.

Untuk cara pertama, pecahkan telur dalam mangkuk lalu tuangkan ke dalam panci. Selanjutnya aduk pelan-pelan, biarkan selama 3 menit lalu angkat dan tiriskan. Dengan cara ini bisa sekaligus direbus beberapa butir telur ayam.

Apakah perlu ditambahkan cuka? Menurut Jamie Oliver asalkan air diaduk pelan, mendidih pelan dengan api kecil poached eggs bisa dimasak tepat kematangannya. Jika disentuk akan membal lembut seperti keju mozzarella segar.

Cara kedua, aduk-aduk air dalam panci hingga pusarannya akan membentuk bulatan pada telur. Masukkan telur ayam mentah, pusaran air akan membuat putih telur menutupi bagian tengah telur sehingga membuat telur menjadi bulat.

Cara ketiga, ambil mangkuk, lapisi dengan plastik cling dan beri sedikit minyak. Pecahkan telur ke dalamnya lalu bungkus telur mentah dengan plastik dan ikat erat.
Masukkan ke dalam panci berisi air mendidih dan biarkan selama beberapa menit.

Angkat telur, potong ujung ikatannya. Taruh di piring, lepaskan plastik pembungkusnya.
Poached eggs siap disajikan dengan saus hollandaise.

Kalau kamu ingin menyajikan poached eggs dengan saus hollandaise ala Jamie Oliver, berikut ini bahan dan cara membuatnya.

Saus Hollandaise

Bahan:
150 g mentega
2 butir kuning telur yang besar
1 sdm cuka masak
1 buah jeruk lemon

Cara membuat:

• Didihkan air secukupnya di dalam panci ukuran sedang. Setelah mendidih, kecilkan api.
• Ambil mangkuk tahan panas dengan ukuran lebih kecil dari mulut panci berisi air mendidih.
• Panaskan mentega hingga leleh dalam wadah.
• Taruh kuning telur dalam mangkuk lalu taruh mangkuk di atas panci berisi air panas. Kocok dengan kocokan kawat hingga rata lalu tambahkan cuka sambil kocok terus sampai tercampur rata.
• Tuangkan mentega sedikit-sedikit sambil kocok terus hingga menyatu dengan telur dan menjadi kental licin.
• Tambahkan garam dan merica dan air jeruk lemon secukupnya, kocok rata.
• Saus Hollandaise siap disajikan dengan poached eggs.

(Dtk)

Share