3 Kakam Di Kecamatan Banjit Dilantik  

0
4

Waykanan, etalaseinfo.com – Sudah sepantasnya sebagai kepala kampung untuk tidak menyia-nyiakan tugas dan wewenang, tetapi mempertanggung jawabkan dengan baik kepada masyarakat, Pemerintah dan terlebih lagi kepada Tuhan. Karena amanah jabatan yang diberikan bukanlan membuat kemudahan dan keuntungan tetapi justru menjadi pelayan yang baik bagi kepentingan masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Bupati H. Raden Adipati Surya, S.H.,M.M saat melantik I Nyoman Simpen sebagai Kepala Kampung Bali Sadhar Selatan di Kediaman Kepala Kampung Bali Sadhar Selatan Kecamatan Banjit, Senin (21/01/2019) yang juga dihadiri oleh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Achmad Gantha, L’Ng.,M.M, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Drs. Abu Kori, Inspektur Daerah, kepala dan unsur Dians Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung, Satuan Polisi Pamong Praja, Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah, Kesatuan Bangsa dan Politik, Bagian Tata Pemerintahan, Bagian Hukum, Bagian Humas dan Protokol dan Camat Banjit Taufik Hidayatno, S.STP.,M.Si

Bupati muda itu juga mengatakan bahwa keberhasilan dan kegagalan penyelenggaraan Pemerintahan Kampung yang pertama akan dinilai dari kegiatan pemberian pelayanan kepada masyarakat, untuk itu diharapkan pelayanan terhadap masyarakat kampung dilaksanakan secara maksimal bukan dijadikan sebagai sumber pendapatan.

“Tugas sebagai kepala kampung yang diatur dalam Undang-Undang memang cukup berat, namun harus tetap dilaksanakan dengan sebaik-baiknya, karena tugas ini merupakan amanah yagn dibebankan masyarakat kepada Kepala Kampung. Kepala kampung dipilih oleh masyarakat, artinta masyarakat telah memberikan kepercayaan untuk meimpin wilayahnya, Saya berharap kepala kampung untuk benar-benar melaksanakan amanat rakyat tersebut dengan baik”, ujar Bupati Raden Adipati.

Bupati alumni Kehormatan IPDN Djatinangor Jawa Barat itu juga menghimbau agar kepala kampung selalu menjalin kerjasama dengan lembaga-lembaga terkait, kepala kampung juga diharapkan dapat berkoordinasi dan menjalin komunikasi.

“Aspirasi BPK juga sangat diperlukan, karena dari sisi aspirasi saran dari masyarakat akan terangkum. Saya juga berharap dibidang pembangunan untuk selalu dumusyawarahkan termasuk dalam pelaksanaan program Pembangunan Pemberdayaan Masyarakat Kampung. Juga tidak kalah penting dalam pembangunan di kampung harus lebih mengutamakan kebutuhan-kebutuhan dasar masyarakat seperti pendidikan, kesehatan, pertanian dan lainnya dengan mengkomodir keinginan-keinginan masyarakat”, imbuh Bupati ayah tiga anak itu.

Pemerintah Kabupaten Way Kanan akan selalu membantu kemajuan kampung baik dalam bentuk bantuan dana maupun suport, masih lanjut Bupati yang pernah menjabat Ketua DPRD Way Kanan itu, beberapa program telah dilakukan Pemerintah Daerah untuk memajukan kampung, diantaranya melalui program dana bantuan desa atau kampung (ADD/ADK).

“Kepala kampung juga harus memahami bahwa BPK merupakan mitra Pemerintah Kampung dan bukan merupakan saingat kepala kampung, maka Saya berharap dapat terjalin hubungan yang baik serta melakukan dan mengembangkan hubungan kerja yang rasional sehingga tidak menimbulkan hal-hal yang dapat menghambat jalannya roda pemerintahan kampung”, ujar Bupati muda yang akrab disapa Adipati itu.

Diketahui, usai melantik Kepala Kampung Bali Sadhar Selatan, Bupati Adipati juga melantik I Nyoman Sudirga sebagai Kepala Kampung Bali Sadhar Tengah dan Ramli sebagai Kepala Kampung Neki Kecamatan Banjit. (Hms)