3 Racikan Kopi Populer di Dunia Ini Gampang Dibuat

D6f9c1d0 75bb 4afb 8ba5 1545b4ed5fb4

Jakarta – Kangen kopi buatan kafe? Kamu bisa meracik sendiri, kopi ala Italia, Meksiko hingga Hong Kong. Aroma wangi kopi bakal bikin makin semangat menjalani hari.

Selain dibuat dengan mesin kopi manual atau otomatis, racikan kopi di kafe memakai takaran. Karenanya rasanya hampir selalu konsisten. Sebenarnya tak sulit meracik kopi seperti buatan kafe. Yang penting kamu punya biji kopi yang kualitasnya baik dan sesuai seleramu.

Selain cappuccino dan cafe latte ada beberapa racikan kopi yang enak dinikmati di pagi atau sore hari. Dihirup hangat dengan paduan susu, rempah hingga teh. Alat-alat yang diperlukan juga sederhana dan pastinya ada di rumah.

Tiga racikan kopi dari mancanegara ini siap menyemangati pagi harimu. Yuk, bikin sendiri!

1.Affogato

D6f9c1d0 75bb 4afb 8ba5 1545b4ed5fb4

Salah satu minuman kopi dingin yang populer di Italia. Nama ‘affogato’ berarti tenggelam. Karena kopi ini berupa satu skop gelato yang dituangi espresso hingga tenggelam.

Kalau dilihat dari racikannya banyak orang bilang affogato merupakan racikan kopi galau, antara dessert dan minuman kopi. Karenanya banyak sekali variasi dalam racikan kopi ini. Ditambah taburan cokelat, biskuit dan dipakai es krim selain gelato.

Untuk meraciknya diperlukan:
1 skop gelato vanila atau es krim vanila
60 ml air kopi kental/espresso
whipped cream, memarkan biskuit atau kacang cincang, sesuai selera

Untuk membuatnya, siapkan gelas pendek yang sudah didinginkan di lemari es. Taruh 1 skop gelato/es krim vanila lalu tuangi espresso. Beri topping sesuai selera, whipped cream, kacang cincang atau biskuit. Sajikan segera.

2. Cafe De Olla

47f37cfb 86dc 4bca A58f 1ec4cd170be5 43

Nama ‘cafe de olla’ artinya ‘pot coffee’. Merujuk pada panci tanah liat yang dipakai untuk merebus kopi. Selain harum sedap kopi, kopi dengan paduan rempah ini cocok untuk menghangatkan badan.

Selain kopi, rempah yang biasa dipakai adalah kayumanis, cengkih, lada hitam dan kadang ditambahkan kulit jeruk navel. Karenanya kopi ini sangat harum, apalagi saat dihirup hangat.

Bahan yang diperlukan untuk meracik Cafe De Olla:
4 gelas (1 L) air dingin
4 sdm gula palem
1 batang kayu manis
4 sdm kopi bubuk kasar
1 buah cengkeh, 2 butir lada hitam dan 2 iris kulit jeruk navel

Untuk membuatnya, tuang air dalam panci lalu tambahkan gula palem, kayu manis dan rempah lainnya.
Didihkan hingga gula larut dan rempah meresap.

Kemudian angkat, masukkan kopi bubuk. Biarkan selama 8-10 menit. Saring ke dalam cangkir-cangkir saji dan nikmati selagi hangat.

3. Yuanyang

A1321c04 4c89 4ba4 A49a A1f163424b8e 43

Racikan kopi ini populer di Hong Kong terutama di pagi hari sebagai teman sarapan. Biasanya dinikmati dengan roti panggang atau cakue dan jajanan kecil lainnya.

Konon nama yuanyang menggambarkan sepasang angsa yang muncul bersamaan. Kopi ini cocok buat mereka yang tak terlalu doyan ngopi. Karena dipadukan dengan teh sehingga rasanya tak terlalu kuat.

Untuk membuatnya, bahan yang perlu disiapkan:

250 ml air
2 sdm daun teh hitam (jenis Assam atau Ceylon)
1 kaleng susu kental manis
250 ml air kopi kental

Untuk membuat milk tea, rebus air bersama daun teh hitan hingga mendidih perlahan selama 3 menit.
Angkat dari api, masukkan susu kental manis, masak kembali selama 3 menit lalu angkat dan saring.

Untuk menyajikan padukan 1 cangkir milk tea dengan 1 cangkir air kopi. Perbandingan milk tea dan kopi bisa sesuai selera. Jika akan disajikan dingin, tuangkan ke dalam gelas berisi es batu, aduk dan nikmati dingin. (Dtk)

Share