30 Relawan Penjaga Laut Pesisir Lampung Selatan Dikukuhkan

30 Relawan Penjaga Laut Pesisir Lampung Selatan Dikukuhkan

Direktur Kerja Sama Bakamla RI Laksamana Retiono Kunto saat mengukuhkan relawan penjaga laut kabupaten Selatan di Menara siger Bakauheni, Jumat, 14 Agustus 2020.

Krui – Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla RI) membentuk 30 orang masyarakat pesisir Kabupaten Lampung Selatan menjadi relawan penjaga laut (Rapala) Nusantara di Menara Siger, Bakauheni, Jumat, 14 Agustus 2020.

30 warga masyarakat pesisir yang tersebar di 6 kecamatan kabupaten Lampung Selatan itu dikukuhkan oleh Direktur Kerja Sama Bakamla RI Laksamana Retiono Kunto. Setelah selama tiga hari sebelumnya mengikuti praktek Dasar Keamanan dan Keselamatan Laut dengan materi Penerapan Ideologi Pancasila, Trend Tindak Kejahatan di Perairan Lampung, Traffic Separation Scheme (TSS), Self Rescue, Water Rescue, Defend & Release, dan Run Swim Run.

Menurut Laksamana Retiono Kunto, pembentukan Rapala Bakamla RI di Lampung Selatan dilatarbelakangi dengan kecelakaan tabrakan kapal karena padatnya lalu lintas transportasi laut di jalur Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) walau telah diterapkan Traffic Separation Scheme (TSS). Selain itu, perairan wilayah Lampung Selatan juga mulai marak penambangan pasir laut, penyelundupan barang/satwa, pembuangan sampah plastik dan rpotensi bencana alam gunung anak Krakatau (GAK). 

“Pembentukan Rapala ini dapat memperkuat peran serta masyarakat pesisir Lampung Selatan dalam menjaga keamanan dan keselamatan di laut,” kata Laksamana Retiono Kunto saat mengukuhkan relawan penjaga laut di Menara Siger Bakauheni.

Kegiatan bersama yang digagas Direktorat Kerja Sama Bakamla RI ini melibatkan Lanal Lampung, Basarnas Lampung, Dinas Kesehatan Pemkab Lampung Selatan, Polairud Polres Lampung Selatan, PT. ASDP Indonesia Ferry, Balai Karantina Pertanian Kelas 1 Bandar Lampung dan didukung Pemerintah Daerah beserta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Lampung Selatan.

Sementara  Asisten Pemerintahan kabupaten Lampung Selatan Supriyanto menyampaikan akan fokus untuk membina dan bekerjasama dengan para relawan yang dibentuk oleh Bakamla RI. 

“Dengan terbentuknya Rapala kami akan fokus bekerjasama di bidang perikanan, pariwisata dan pengelolaan lingkungan hidup, ” tutup Supriyanto. (LP)

Share