4 Tips Mengontrol Emosi agar Tak Ganggu Kesehatan Jiwa

B8ac0bf0 D60f 406b Aeac F2300ca722c1 169

Jakarta – Emosi yang meluap-luap tidak baik untuk kesehatan jiwa. Psikolog Veronica Adesla dari Personal Growth mengatakan kondisi emosional yang tidak tertangani bisa mempengaruhi psikis seseorang.

“Habis marah bisa capek, dan biasanya itu nggak enak banget. Situasi seperti itu jika dialami setiap hari pasti akan mengganggu. Nggak bisa merasa tenang seperti dan ‘kok kayak hidup ini nggak benar’ dan jadinya menyalahkan pihak luar dan diri sendiri,” jelas Vero, sapaan akrabnya, Senin (29/6/2020).

Maka dari itu, perlu untuk menjaga emosi tetap terkontrol. Lalu bagaimana caranya agar bisa menjaga emosi tidak meluap saat berhadapan dengan kondisi apapun?

Psikolog Nuzulia Rahma Tristinarum dari Psikolog Pro Help Center mengatakan ada 4 tips yang bisa dilakukan jika emosi terasa tidak terkendali. Apa saja?

1. Melakukan manajemen pernapasan

Rahma menyarankan untuk melakukan manajemen pernapasan. Caranya cukup mudah, yaitu dengan tarik napas secara perlahan selama 3 detik, tahan 3 detik, dan hembuskan perlahan selama 3 detik. Dilakukan secara berulang.

2. Mengubah posisi

“Berpindah posisi, jika sedang berdiri, cobalah untuk duduk. Motion berpengaruh pada emotion,” jelas Rahma.

3. Time out

Langkah selanjutnya yang bisa dilakukan adalah time out. Menurut Rahma, menjauh sementara dari situasi atau orang yang membuat emosi adalah langkah yang tepat untuk membuat diri lebih tenang.

4. Selesaikan masalah kala kondisi sudah tenang

Menyelesaikan masalah di saat kondisi sudah tenang pun disebut Rahma menjadi jalan keluar untuk mengatur kembali emosi yang meluap-luap. Masalah terselesaikan saat emosi tetap terjaga.

(Dtk)

Share