5 Cara Masak Mie Instan Agar Rasanya Lebih Enak

460250bb 3ff9 4e8c 9696 6e1b027a0597 169

Jakarta – Mie instan jadi salah satu makanan yang banyak digemari karena enak dan praktis. Agar lebih nikmat lagi, ada 5 cara untuk memasaknya.

Siapa tak suka mie instan? Makanan instan ini memiliki rasa yang lezat. Selain itu cara untuk mengolahnya juga sangat praktis. Tinggal direbus menggunakan panci kecil atau didiamkan dengan air panas selama beberapa menit.

Mie instan di setiap negara memiliki rasa yang berbeda. Ada varian dengan rasa berkuah maupun varian goreng. Seperti halnya di Indonesia yang punya banyak sekali merek mie instan termasuk varian rasanya.

Sebenarnya rasa mie instan sudah lezat dengan bumbu yang disajikan. Namun jika diolah dengan cara lain, mie instan akan lebih nikmat lagi. Seperti menambahkan sumber protein hewani, beragam topping, hingga mengolahnya menjadi makanan lain.

Dilansir dari Eater (18/5), begini 5 cara mengolah mie instan agar rasanya lebih nikmat.

1. Tambahkan Sumber Protein Hewani

Mie instan yang ditawarkan tak hanya sekadar mie, bumbu gurih, dan kuah saja. Namun ada juga cita rasa seperti ayam atau olahan daging lainnya dalam bentuk bumbu bubuk. Sayangnya rasa tersebut kurang terasa asli karena berupa produk olahan.

Selain bumbu bubuk instan untuk memperkuat rasa, biasanya ada juga tambahan sayuran kering. Namun sangat jarang tambahan daging kering di dalam produk mie instan. Kalaupun ada hanyalah sedikit dan tak begitu terasa.

Untuk itu lebih baik tambahkan sendiri sumber protein hewani yang Anda miliki di rumah. Seperti halnya ayam goreng, lembaran daging tipis, sajian seafood, bisa juga menggunakan bakso dan sosis. Rasanya akan lebih nikmat dan makin selera saat menyantapnya.

2. Tambahkan Topping yang Banyak

Mie instan yang ditawarkan di pasaran kerap tak memiliki variasi topping. Karena semua yang ditawarkan serba instan, jadi hanya terdapat mie dan bumbu bubuk untuk penguat rasanya. Jika ingin memberikan sentuhan lain dan makin nikmat saat menyantapnya, Anda bisa tambahkan variasi topping sendiri.

Tinggal gunakan bahan-bahan yang ada di rumah. Seperti menambahkan sayuran hijau, bisa menggunakan sawi hijau, brokoli. Atau bisa juga menggunakan sawi putih, kol, jamur, daun bawang, dan irisan cabai.

Jika ingin mie instan tampil lebih cantik lagi, Anda bisa menambahkan telur di atasnya. Masak telur setengah matang agar tampilannya terlihat cantik. Telur setengah matang juga bisa menambah rasa creamy saat dipecahkan dan diaduk bersama mie.

3. Mengolahnya Jadi Hidangan Lain

Mie instan yang dimasak berkuah atau goreng sudah biasa. Jika ingin mie instan berubah menjadi hidangan yang lebih terlihat istimewa, cara berikut ini bisa jadi andalan. Anda bisa mengkreasikan mie instan dengan campuran telur sehingga menjadi omelet mie.

Olahan ini sangat digemari oleh anak kecil. Cocok sekali untuk bekal sekolah atau camilan. Selain omelet mie, bisa juga Anda mengkreasikan mie instan dengan melilitkannya ke sosis lalu digoreng dengan telur.

Atau mie instan juga bisa digoreng menggunakan minyak panas hingga teksturnya renyah. Kemudian siram dengan kuah khas i fu mie yang berisikan beragam sayuran, udang, bakso, dan telur.

4. Ganti Kuahnya

Jika Anda suka mie instan kuah, pasti sudah familiar dengan kuah bening dari rebusan mie instan tersebut. Namun jika ingin rasa yang lebih nikmat dan berbeda, Anda bisa mengganti kuah mie instan dengan yang lain.

Seperti kuah kaldu ayam, kuah kaldu sayuran, atau bisa juga menggunakan susu. Jika menggunakan kuah kaldu ayam, rasa mie instan yang Anda buat lebih kaya dan gurih. Apalagi jika Anda membuat mie instan dengan varian rasa ayam, akan jadi paduan yang pas.

Banyak juga orang yang menyukai tambahan susu pada mie instan mereka. Susu ini membuat rasa mie instan yang Anda buat lebih creamy. Banyak juga dari mereka yang menambahkan keju dan membuat teksturnya lebih creamy lagi.

5. Campurkan Dua Varian Mie Instan

Jika bosan dengan varian mie instan yang itu-itu saja, mencampurkan 2 jenis varian dengan rasa berbeda bisa jadi solusi yang menarik untuk dicoba. Mungkin Anda akan menemukan rasa yang lezat dan tak pernah dirasakan sebelumnya. Seperti jjapaguri yang sangat populer karena muncul di film Parasite.

Jjapaguri merupakan olahan mie yang berasal dari 2 jenis varian berbeda. Mereka mengolahnya menggunakan mie merek Neoguri dengan varian Jjapaghetti dan Spicy Seafood. Saat mengolahnya kedua mie tersebut dipadukan.

Selain menggunakan dua varian mie, Jjapaguri juga menggunakan tambahan daging steak. Olahan mie tersebut sempat viral dan banyak ditiru. Bahkan ada restoran di Amerika yang menjualnya dengan harga tinggi. (DTk)

Share