5 Cara Mengolah Daging Menjadi Empuk

5 Cara Mengolah Daging Menjadi Empuk

Jakarta – Tradisi perayaan Iduladha selain menyembelih hewan kurban, juga bisa menjadi momen menikmati olahan daging. Baik itu daging sapi, kerbau, atau daging kambing.

Sayangnya, ada beberapa tantangan untuk Anda agar sajian daging tersebut terasa empuk. Maklum, mungkin Anda biasanya membeli olahan daging seperti sate kambing hanya dari yang berjualan saja.

Pada dasarnya, cara memasak daging kambing akan mempengaruhi cita rasa hidangan yang dihasilkan. Bahkan membuat sate kambing yang dianggap mudah pun, juga butuh trik agar rasa sate kambing jadi lezat dan teksturnya empuk.

Bila Anda salah teknik saat memasak, maka hidangan kambing yang dihasilkan mungkin akan terasa tak empuk dan aroma khasnya yang prengus itu masih pekat. Untuk itu ada cara mengolah daging kambing agar lebih empuk, seperti dilansir Bango.co.id:

1. Daun Pepaya

Daun pepaya memiliki kandungan enzim papain yang dikenal sebagai bahan yang bisa digunakan untuk mengempukkan daging, termasuk daging kambing.

Cara menggunakannya pun cukup mudah. Bungkuslah daging yang sudah dipotong dengan daun pepaya kemudian diamkan selama kurang lebih 20 menit. Setelah daging kambing dibungkus dalam daun pepaya selama 20 menit, daging kambing tak perlu dicuci dan bisa langsung diolah menjadi sate kambing.

2. Air Kelapa

Air kelapa ternyata bukan hanya bisa digunakan untuk mengempukkan daging kambing. Merendam daging kambing dalam air kelapa juga akan memberikan manfaat lain, yakni mengurangi aroma khas pada daging kambing. Jadi satu bahan baku dengan dua manfaat penting.

3. Parutan Buah Nanas

Bukan hanya daun pepaya yang mengandung enzim papain dan bisa mengempukkan daging kambing. Buah nanas juga mengandung enzim yang dikenal dengan nama bromelain, yang juga bisa digunakan untuk mengempukkan daging kambing.

Cara menggunakannya juga sangat mudah, Anda tinggal merendam daging kambing pada parutan buah nanas. Namun jangan merendam daging dalam parutan buah nanas terlalu lama, karena tekstur daging kambing malah bisa terlalu empuk dan mudah hancur.

4. Tepung jagung

Untuk membuat tekstur kambing jadi lebih empuk, Anda bisa menggunakan tepung jagung untuk melapisi permukaan daging kambing. Bubuhkan tepung jagung pada daging kambing yang akan diolah menjadi sate, kemudian diamkan selama kurang lebih 15 menit.

Setelah 15 menit, Anda bisa menyisihkan tepung jagung yang masih menempel pada daging kemudian mulai mengolahnya menjadi sate kambing.

5. Kulit pisang

Kulit pisang bisa membantu mengurangi protein di dalam daging. Sehingga daging bakal lebih empuk saat digigit. Selain itu, manfaat dari kulit pisang bisa membuat daging yang Anda olah tidak mudah kering.

Jadi, banyak bahan makanan yang bisa dimanfaatkan untuk mengolah daging kambing agar terasa empuk saat digigit. Bahan-bahan itu juga bisa membuat daging kambing terasa lezat dan lebih juicy saat dikunyah. Patut Anda coba.

(LP)

Share