5 Fakta Jintan Hitam, Rempah Obat Segala Penyakit Menurut Rasulullah

Jintan Hitam 4

Jakarta – Jintan hitam adalah rempah kaya khasiat. Bahkan jintan hitam disebut obat dari segala macam penyakit menurut Rasulullah SAW.

Jintan hitam atau biasa juga dikenal dengan habbatussauda merupakan tanaman berbunga yang menghasilkan biji yang dikategorikan sebagai rempah-rempah. Tak hanya itu, jintan hitam juga banyak digunakan dalam campuran obat-obatan, salah satunya untuk mengobati sakit perut.

Rempah berwarna hitam ini telah dikenal sejak ribuan tahun lalu. Banyak digunakan oleh masyarakat di India, Pakistan, dan negara-negara Timur Tengah lainnya. Penggunaan jintan hitam ditujukan untuk mengobati beragam penyakit.

Jintah hitam atau habbatussauda ini telah dinyatakan sebagai obat segala penyakit menurut Nabi Muhammad SAW. Dalam hadist Abu Hurairah r.a., Rasullulah SAW bersabda, “Sesungguhnya pada jintan hitam itu terdapat obat untuk segala macam penyakit, kecuali kematian.”

Berikut 5 fakta seputar jintan hitam yang digunakan sebagai obat dari segala macam penyakit.

1. Apa Itu Jintan Hitam?

Dilansir dari akun Twitter @agrofood_plant (4/6), jintan hitam atau yang juga dikenal dengan habbatussauda merupakan tanaman herbal berbunga yang tumbuh secara tahunan. Tanaman ini tumbuh dengan tinggi sekitar 20-30 cm. Berupa bunga yang menghasilkan biji berwarna hitam.

Jintan hitam banyak ditemui di kawasan India, Pakistan, hingga Timur Tengah. Tak hanya punya sebutan habbatussauda, jintan hitam juga dikenal dengan nama lain di beberapa negara. Seperti kalonji untuk bangsa Hindi, nigell untuk negara Perancis, black carawai di Jerman, hingga neguilla di Spanyol.

Jintan Hitam 1

Jintan hitam tak hanya berupa biji-bijian saja, seiring berkembangnya zaman rempah tersebut diolah dengan banyak variasi. Seperti dijadikan ekstrak minyak hingga bentuk pil yang mudah ditemui di pasar herbal. Ini menandakan kalau jintan hitam memang digunakan untuk mengobati beragam penyakit.

2. Kandungan Nutrisi Jintan Hitam

Jintan hitam punya banyak kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh. Rempah yang punya nama latin Nigella Sativa ini tak hanya digunakan untuk kesehatan namun juga bumbu masakan.

Dapat digunakan untuk mengobati beragam penyakit karena di dalam jintan hitam ada banyak nutrisi baik yang terkandung. Diantaranya karbohidrat, protein, lemak sehat, asam oleat, dan asam linoleat. Ada juga kandungan mineral seperti kalsium, serat, zat besi, natrium, kalium, dan zat antioksidan.

Kandungan nutrisi pada jintan hitam bisa digunakan untuk mengobati beragam penyakit. Mulai dari penyakit ringan seperti sakit perut hingga penyakit kronis seperti darah tinggi, kolesterol tinggi, dan diabetes. Jintan hitam bahkan digunakan sebagai pencegah kanker.

3. Jintan Hitam Sebagai Rempah Masakan

Jintan hitam tak hanya digunakan sebagai obat mujarab untuk melawan beragam penyakit, nanun juga digunakan sebagai bumbu masakan. Yang bisa digunakan untuk bumbu masakan adalah jintan hitam yang telah diubah menjadi bubuk. Jinten yang punya aroma kuat ini kerap jadi penyedap makanan.

Jintan Hitam 2

Penggunannya banyak untuk mengolah daging dimana bubuk jintan hitam ditaburkan ke atas daging untuk marinasi. Biasanya dicampurkan bersama bumbu lainnya agar rasanya makin nikmat.

Bubuk jintan hitam juga bisa digunakan untuk mengolah makanan manis. Dikutip dari beragam sumber, ternyata bubuk jintan hitam bisa digunakan sebagai bahan pembuatan permen. Jintan hitam untuk bahan permen ini banyak digunakan di India karena menghadirkan rasa dan aroma yang berbeda.

4. Dapat Mengobati Hipertensi dan Kolesterol Tinggi

Darah tinggi maupun kolesterol merupakan penyakit yang membahayakan bagi tubuh. Jika tak ditangani dengan baik, penyakit tersebut bisa berakibat fatal hingga kematian. Untuk itu tubuh kita dituntut untuk terus mengonsumsi makanan sehat.

Jintan Hitam 3

Obat herbal seperti jintan hitam atau habbatussauda bisa dikonsumsi untuk memerangi penyakit tersebut. Dalam beberapa penelitian disebutkan bahwa habbatussauda dapat mengobati darah tinggi (hipertensi) jika dikonsumsi secara rutin. Bisa mengonsumsi jintan hitam yang telah diekstrak menjadi pil.

Kolesterol tinggi juga jadi musuh bagi setiap orang di dunia. Karena kolesterol tersebut dapat merambat ke penyakit kronis lainnya, seperti stroke dan penyakit jantung. Beberapa penelitian menunjukkan kalau jintan hitam dapat menurunkan kolesterol jahat dan trigliserida.

5. Sebagai Zat Antioksidan dan Anti-inflamasi

Satu lagi fakta menarik seputar jintan hitam yang baik untuk kesehatan tubuh. Yaitu bisa digunakan sebagai zat antioksidan dan anti-inflamasi. Antioksidan pada jintan hitam dapat memerangi radikal bebas yang dapat menyebabkan beragam penyakit kronis seperti jantung hingga kanker.

Jadi jika mengonsumsinya secara rutin dapat dipastikan kalau Anda akan terbebas dari penyakit kronis tersebut. Tubuh juga tetap sehat dan bugar. Metabolisme tubuh pun meningkat serta tak mudah terserang penyakit.

Tak hanya sebagai zat antioksidan, jintan hitam juga berperan sebagai zat anti-inflamasi. Dimana jintan hitam dapat memerangi peradangan yang dialami oleh tubuh. Menurut beberapa penelitian, jintan hitam dapat memerangi penyakit yang disebabkan karena peradangan seperti sinusitis, alergi, hingga radang sendi. (Dtk)

Share