5 Makanan Korea yang Halal, Gyeran-ppang hingga Hotteok

Makanan Korea Halal 2

Jakarta – Korea Selatan bukan negara mayoritas Muslim, namun banyak dikunjungi Muslim dari berbagai negara. Ada pilihan makanan halal yang bisa disantap Muslim di sana.

Korea Selatan bukan termasuk negara yang mayoritas penduduknya beragama Islam. Namun karena budayanya yang menarik untuk dikenali, negara ini banyak kedatangan turis mancanegara tak terkecuali yang beragama Islam.

Karena bukan negara dengan mayoritas Muslim, sudah dapat dipastikan kalau banyak makanan Korea mengandung bahan makanan yang tidak halal. Seperti menggunakan daging babi, jeroan babi, hingga minyaknya. Beberapa makanan Korea yang mengandung babi tersebut memang tidak boleh dikonsumsi oleh mereka yang beragama Islam.

Namun tak perlu khawatir, banyak juga makanan khas Korea yang aman dikonsumsi para Muslim dari seluruh dunia. Makanan ini menggunakan seafood, sayuran, buah, ayam, maupun daging sapi.

Seperti dilansir dari Steemit (5/6), makanan Korea berikut tergolong halal. Diantaranya gyeran-ppang yang menggunakan adonan roti dan telur serta pajeon yang menggunakan adonan tepung dan aneka sayuran.

1. Gyeran-ppang (Roti Telur)

Gyeran-ppang merupakan camilan khas Korea yang banyak ditemui di kaki lima. Berupa roti yang di dalamnya berisikan telur utuh. Tak hanya telur saja, terkadang ada beberapa penjual yang menggunakan campuran biji matahari dan biji-bijian lainnya.

Punya tekstur yang lembut serta cita rasa manis dan gurih. Rasa manisnya didapatkan dari adonan tepung yang digunakan untuk roti dan rasa gurihnya dari telur serta biji-bijian. Gyeran-ppang jadi salah satu makanan khas Korea yang aman dikonsumsi Muslim karena tak ada kandungan bahan makanan non-halal.

Saat musim dingin gyeran-ppang sangat populer karena roti ini disajikan dalam kondisi panas bahkan asapnya sampai mengepul. Pastinya akan menghangatkan tubuh Anda saat musim dingin. Camilan ini juga cukup mengenyangkan, jadi bisa untuk mengisi perut sambil jalan-jalan. Harga yang ditawarkan juga terjangkau, biasanya hanya sekitar 1.000 KRW (Rp 11.601).

2. Pajeon

Pajeon merupakan salah satu makanan Korea halal yang bisa dikonsumsi Muslim. Pajeon berupa pancake yang terbuat dari adonan tepung dan campuran sayuran. Seperti daun bawang, wortel, timun, kimchi, dan lainnya.

Namun ada juga pajeon yang dicampurkan seafood seperti cumi-cumi, kerang, dan lainnya. Bahkan ada yang disajikan bersama bunga namun tentunya tetap bisa dinikmati. Biasanya adonan pajeon dimasak di wajan pipih besar lalu dibentuk bulat.

Makanan Korea Halal 2

Pancake khas Korea ini bisa dijadikan camilan ataupun makanan pelengkap yang kerap disajikan dengan makanan utama. Banyak ditemui di pasar tradisional atapun restoran yang ada di Korea. Untuk menikmatinya ditambahkan kecap asin yang ditaburi wijen.

3. Hotteok

Hotteok juga jadi salah satu makanan khas Korea yang aman dikonsumsi oleh para Muslim. Bentuknya juga mirip pancake. Tidak seperti pajeon yang lebih ke citarasa asin, hotteok merupakan jenis pancake yang manis.

Isiannya berupa brown sugar, madu, kacang tanah, bubuk kayu manis. Ada juga yang menggunakan aneka biji-bijian, seperti biji bunga matahari. Hotteok juga banyak ditemui di kawasan makanan kaki lima dan pasar tradisional Korea.

Makanan Korea Halal 3 169

Hotteok paling enak dikonsumsi saat kondisinya masih panas. Untuk para muslim yang akan berkunjung ke Korea, tak perlu ragu jika ingin menikmatinya karena dijamin halal. Harga yang dibanderol juga terbilang terjangkau, mulai dari 1.000 KRW (Rp. 11.601) saja.

4. Bungeoppang

Selanjutnya ada bungeoppang yang populer dibeli warga lokal serta turis. Dari namanya yaitu bungeoppang memiliki arti kue ikan karena bentuknya yang menyerupai ikan.

Bungeoppang ini juga salah satu camilan manis karena biasanya berisikan pasta kacang merah, selai cokelat, ubi manis, kastanye, dan lainnya. Camilan ini diolah dengan adonan waffle. Cetakannya juga mirip dengan waffle hanya saja berbentuk ikan.

Makanan Korea Halal 1

Untuk para Muslim yang akan berkunjung ke Korea, tak perlu ragu untuk menikmati camilan manis satu ini. Karena aman dikonsumsi dan terhindar dari bahan makanan non-halal. Bungeoppang ini ada yang berukuran besar dan kecil, biasanya yang berukuran kecil akan mendapatkan jumlah yang banyak saat dibeli.

5. Hweori Gamja (Kentang Tornado)

Satu lagi makanan khas Korea yang terbilang aman dikonsumsi dan halal. Yaitu hweori gamja atau kentang tornado (spiral) jika di Indonesia. Makanan ini sangat populer di Korea dan dikonsumsi sebagai camilan yang gurih.

Makanan Korea Halal

Biasanya hweori gamja banyak ditemui di kawasan street food Korea seperti Myeongdong, Dongdaemun, dan lainnya. Namun Anda harus pintar memilihnya, karena banyak juga hweori gamja yang dipadukan dengan sosis. Nah, kebanyakan orang Korea menggunakan sosis dengan bahan makanan non-halal seperti daging babi.

Pilihlah tempat menjual hweori gamja yang hanya menjual varian kentang saja. Karena lebih terjamin kehalalannya jadi Anda tak perlu lagi ragu untuk menikmatinya. Biasanya hweori gamja ini juga diberikan taburan bumbu bubuk agar lebih enak. (Dtk)

Share