5 Minuman Enak Ini Ampuh untuk Turunkan Tekanan Darah Tinggi

2. Jus Seledri

Seledri dikenal sebagai penakluk tekanan darah tinggi. Jus seledri mengandung phthalide yang memberi aroma dan rasa sayuran. Zat ini membantu otot di dinding pembuluh darah menjadi rileks.

Tekanan darah menurun saat pembuluh darah membesar dan memungkinkan darah mengalir lebih mudah dan lancar. Pilih seledri dengan batang besar, 2-4 batang perhari. Bisa dipadukan dengan jeruk, wortel dan apel.

3. Jus Bit

Bit dikenal dengan warnanya yang merah tua gelap dengan aroma earhy yang kuat dan sedikit manis rasanya. Bit mengandung nitrat inorganik yang mampu memperlancar aliran darah sehingga tekanan darah turun.

Satu gelas (250 mg) jus bit sehari cukup ampuh menurunkan tekanan darah tinggi. Bisa dibuat jus dengan campuran wortel, jeruk nipis/lemon dan mentimun agar rasanya lebih segar.

4. Teh hijau

Teh ini dikenal akan khasiat sehatnya. Dalam studi yang dipublikasikan di ‘Endoctrine Abstracts’ partisipan diminta minum 4 cangkir teh hijau setiap hari selama 14 hari. Tekanan darah mereka turun rata-rata 7.1/7.8 mmHg.

Peneliti menyimpulkan teh hijau bisa menurunkan tekanan darah. Ini karena teh hijau mengandung polyphenol yang merupakan nutrisi tumbuhan yang kaya khasiat.

5. Teh Hibuscus

Hibuscus atau kembang sepatu biasa dibuat tisane karena aroma dan rasanya yang enak. Studi tahun 2013 menyebutkan minum teh kembang sepatu ini bisa mengurangi tekanan darah pada mereka yang tensinya cenderung tinggi.

Teh yang warnanya merah cantik ini rasa dan aromanya enak. Peneliti menganjurkan untuk konsumsi 3 cangkir teh kembang sepatu ini setiap hari. Seduh selama 6 menit untuk rasa maksimal. Bisa dinikmati hangat atau dingin. (Dtk)

Bagikan