5 Minuman Mengandung Vitamin C yang Bisa Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Minuman Mengandung Vitamin C 3

Jakarta – Beragam minuman mengandung vitamin C ini bisa diandalan untuk tingkatkan daya tahan tubuh. Ada lemonade hingga jus sayuran yang enak dan penuh nutrisi.

Vitamin C berkontribusi untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Ini karena vitamin C berperan sebagai zat antioksidan. Sehingga tubuh tak mudah terserang penyakit.

Kandungan vitamin C banyak terdapat pada buah-buahan citrus. Seperti jeruk, lemon, jeruk nipis, grapefruit, dan lainnya. Tapi ternyata tak hanya itu, beragam buah lainnya juga banyak mengandung vitamin C.

Sayuran juga banyak yang mengandung vitamin C. Seperti bayam, brokoli, kale, tomat, dan lainnya. Beragam jenis teh herbal juga bisa mengandung vitamin C yang tinggi, seperti teh mint, teh basil, hingga rosemary.

Dilansir dari Food NDTV (4/6), ada 5 jenis minuman mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Seperti lemonade, jus buah, teh herbal, hingga jus sayuran. Jika dikonsumsi secara rutin, 5 minuman ini berperan baik dalam meningkatkan daya tahan tubuh Anda.

Berikut 5 minuman mengandung vitamin C tinggi yang sebaiknya rutin dikonsumsi:

1. Lemonade

Minuman Mengandung Vitamin C 3

Dari namanya saja sudah bisa diketahui kalau minuman ini terbuat dari lemon. Lemon masuk ke dalam jenis buah citrus mengandung vitamin C tinggi. Lemon juga tergolong buah yang zat antioksidannya tinggi.

Lemonade bisa dikonsumsi untuk Anda yang ingin tetap sehat namun tetap segar. Minuman ini asalnya dari Amerika Utara dan India, namun cukup populer di Australia dan Inggris. Biasanya juga ditambahkan air soda dan gula.

Anda bisa membuat lemonade dengan versi lebih sehat. Seperti tidak usah mencampurkan air soda, lalu untuk rasa manisnya bisa menggunakan madu yang lebih alami. Jika ingin segar, bisa menambahkan es batu di dalamnya.

2. Jus Buah

Minuman Mengandung Vitamin C 4

Jus buah jadi salah satu alternatif kalau Anda bosa makan buah secara langsung. Pilih buah-buahan yang kandungan vitamin C-nya tinggi. Supaya berfungsi sebagai zat antioksidan untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Tak hanya buah citrus, tapi ada juga stroberi, kiwi, nanas, bahkan semangka. Jika ingin membuat jus semangka tak perlu lagi menambahkan gula. Karena, semangka rasanya sudah manis.

Semangka juga punya kandungan air yang banyak. Jadi ketika dihaluskan menggunakan blender pasti air dari semangka tersebut keluar. Jika ingin lebih segar bisa menambahkan es batu. Diminum ketika cuaca panas pasti bisa melepas dahaga.

3. Teh Herbal

Minuman Mengandung Vitamin C 2

Teh yang terbuat dari daun teh alami terbukti mengandung zat antioksidan tinggi. Apalagi jenis teh hijau dan matcha. Sehingga bisa jdi konsumsi harian untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Tapi tak hanya teh yang terbuat dari daun teh alami saja, teh herbal yang terbuat dari aromatik dan rempah-rempah juga bisa digunakan untuk meningkatkan imunitas tubuh. Terlebih aromatik dan rempah yang mengandung vitamin C.

Seperti daun mint, daun basil, rosemary, hingga bawang putih. Bawang putih tak hanya digunakan untuk makanan saja, namun bisa jadi racikan teh yang menyehatkan. Mungkin rasanya akan aneh, tapi khasiatnya baik untuk tubuh.

4. Milkshake

Minuman Mengandung Vitamin C 1

Milkshake salah satu minuman yang menyegarkan dan punya banyak penggemar. Terbuat dari susu yang dicampurkan buah segar serta es krim ini rasanya manis dan nikmat. Apalagi jika diminum saat masih dingin.

Walau bisa dibilang jenis minuman modern, tapi milkshake bisa menyehatkan. Buat milkshake dengan tambahan buah yang kandungan vitamin C-nya tinggi supaya bisa digunakan untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Buah yang bisa digunakan seperti stroberi, mangga, apel, kiwi, jeruk, dan lainnya. Jadi kalau Anda bosan makan buah secara utuh, bisa jadikan milkshake sebagai alternatif. Rasanya yang nikmat dan segar tentunya membuat Anda tak akan bosan saat meminumnya.

5. Jus Sayuran

Minuman Mengandung Vitamin C

Satu lagi minuman mengandung vitamin C yang bisa dikonsumsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Yaitu jus sayuran yang tak hanya mengandung vitamin C tapi juga tinggi serat sehingga baik untuk pencernaan.

Pilihlah sayuran hijau dengan kandungan vitamin C tinggi. Seperti bayam, brokoli, hingga kale. Ketiga sayuran hijau tersebut juga masuk ke dalam superfood yang punya banyak khasiat penting untuk tubuh.

Tak hanya itu, tomat dan timun juga bisa dibuat jus sayuran untuk meningkatkan imunitas tubuh. Jika ingin rasanya lebih nikmat bisa tambahkan perasan lemon atau madu untuk rasa manis alami. (Dtk)

Share