5 Negara Ini Punya Mie Enak Buat Sarapan

5 Negara Ini Punya Mie Enak Buat Sarapan 4 1

Jakarta – Mie atau bakmi menjadi menu sarapan favorit banyak negara Asia. Seperti 5 negara ini punya mie enak buat sarapan. Apa saja ya?

Meski tidak sepopuler roti atau sereal, tapi sarapan dengan mie di pagi hari sudah menjadi tradisi di beberapa negara Asia. Mie disajikan dengan paduan daging sapi, daging ayam dan sayuran.

Ada yang disajikan dengan siraman kaldu seperti pho khas Viertnam. Atau mie instan dengan campuran ham dan telur yang jadi menu sarapan favorit warga Hong Kong. Di Wuhan orang selalu mengawali pagi dengan mie kering yang gurih hangat.

Dilansir dari berbagai sumber berikut lima menu sarapan mie di berbagai negara.

1. Hong Kong Style

5 Negara Ini Punya Mie Enak Buat Sarapan 1

Mie masuk ke dalam salah satu makanan pokok yang digemari di Asia. Di Hong Kong menu sarapan yang favorit selain roti dan kopi adalah mie instan. Berbeda dengan mie instan yang polos menu sarapan ini begitu menggoda selera.

Disebut juga dengan nama mie instan ‘Hong Kong Style’, mie instan biasanya disajikan dengan potongan ham atau spam. Kemudian topping wajib lainnya ada telur mata sapi setengah matang atau telur orak-arik yang ditaburkan di atas mie.

Makanan ini sangat populer di kalangan pelajar. Banyak kedai makanan sederhana di pinggir jalan yang buka sejak pagi untuk menjual menu mie instan ini, banyak juga yang sarapan mie instan dengan tambahan sosis goreng dan roti panggang yang dilumuri mentega.

2. Pho

5 Negara Ini Punya Mie Enak Buat Sarapan 4 1

Tak sulit untuk menemukan sarapan enak di Vietnam, karena biasanya semua kedai makanan kaki lima sudah buka sejak pagi hari untuk melayani pengunjung yang mau sarapan. Salah satu menu sarapan yang paling terkenal di sana ada Pho.

Panduan mie dengan irisan daging dan rempah-rempah ini memang bisa disantap kapan saja. Tapi kebanyakan orang suka menyantapnya sebagai menu sarapan karena kuah sup yang hangat dan porsinya yang mengenyangkan.

Untuk varian toppingnya cukup beragam, biasanya semangkuk Pho disajikan dengan kuah kaldu dari tulang ayam, babi, atau sapi. Sementara untuk irisan dagingnya bisa daging sapi atau daging ayang tergantung selera.

3. Reganmian

5 Negara Ini Punya Mie Enak Buat Sarapan 3

Sebelum diterpa pandemi Corona, kota Wuhan di China memiliki beragam kuliner menarik yang sayang untuk dilewatkan. Orang-orang di sana sejak dulu punya budaya menyantap mie di pagi hari sebagai menu sarapan, mie yang dimakan juga tidak sembarangan.

Mie sarapan yang satu ini dikenal dengan nama Reganmian atau bisa juga disebut sebagai mie kering. Nah jika di Indonesia terkenal dengan racikan mie yamin yang kering, di Wuhan hidangan mie ini dimasak dengan teknik hot dry. Di mana mie yang sudah matang dibilas menggunakan air dingin selama beberapa kali.

Toppingnya beragam ada sayuran kering, potongan daging, tambahan minyak wijen. Tapi setiap penjual memiliki racikan bumbu masing-masing ada yang menggunakan minyak kacang, cabai, atau kecap asin. Bahkan menu sarapan yang satu ini menempati posisi utama sebagai mie terenak di China.

4. Mohinga

5 Negara Ini Punya Mie Enak Buat Sarapan 2

Di Myanmar ada hidangan mie kuah yang enak dan populer sebagai menu sarapan di sana. Nama mie yang ini dikenal dengan sebutan Mohinga. Monghinga merupakan mie beras yang jadi kuliner penting di sana.

Tampilannya sekilas seperti bihun hanya saja teksturnya lebih kenyal dan kuahnya lebih kental. Berbeda dengan Pho yang menggunakan kaldu dari tulang ayam atau babi, kalau Mohinga kaldunya diracik dari ikan yang enak dan tidak amis.

Paduan rasa pedas manis tercampur jadi satu dengan tambahan telur rebus yang dan topping bubuk cabe untuk memperkuat rasa. Tak ketinggalan rasa segar dari mie ini didapatkan dari irisan daun ketumbar yang sudah menjadi ciri khasnya.

5. Num Banh Chok

5 Negara Ini Punya Mie Enak Buat Sarapan

Di Kamboja orang-orang di sana memulai hari mereka dengan menyantap satu mangkuk NumBanh Chok. Hidangan mie yang satu ini merupakan menu sarapan yang sangat populer di sana.

Mirip seperti Mohinga, Num Banh Chok juga menggunakan ikan sebagai penyedap rasa dari sajian mie ini. Jadi mie beras direbus kemudian disajikan dengan kuah kari bernama kreoung yang berasal dari ikan, kemudian disajikan dengan sayuran mentah dan daun-daun lainnya.

Ciri khas dari menu sarapan ini terletak pada mie yang merupakan hasil fermentasi. Teksturnya kenyal dan rasanya gurih sehingga tak hanya populer untuk menu sarapan saja tapi juga hits sebagai menu makan siang. (Dtk)

Share