5 Orang Ini Hobi Koleksi Botol Saus dan Whisky Berharga Ratusan Juta

Hobi Koleksi Botol Makanan Dan Minuman 3

Jakarta – Beberapa orang ini punya hobi unik, mengoleksi botol-botol wadah bahan makanan dan minuman. Mulai dari botol saus hingga whisky bernilai ratusan juta.

Mengoleksi suatu barang kesukaan memang telah menjadi hobi tersendiri. Setiap orang punya barang kesukaan untuk dikoleksi, seperti piring, pajangan, jam, sepatu, dan yang tak kalah unik adalah koleksi botol wadah makanan dan minuman.

Seperti yang dilakukan oleh beberapa orang ini. Kisahnya menarik perhatian banyak orang karena berhasil mengoleksi botol-botol wadah makanan dan minuman hingga berjumlah ratusan ribu. Ada yang mengoleksi botol kecap, saus, susu, hingga minuman Coca-Cola dan whisky.

Botol-botol tersebut mereka dapatkan dari berbagai penjuru dunia. Jumlah uang yang dihabiskan untuk mendapatkan botol-botol tersebut juga tak sedikit. Bahkan sampai ada yang bisa membeli rumah pertamanya dari hasil koleksi whisky.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut 5 kisah orang yang hobi koleksi botol wadah makanan dan minuman.

1. Koleksi Botol Coca-Cola

Hobi Koleksi Botol Makanan Dan Minuman

Seorang pria asal Singapura ini punya hobi yang unik, yaitu mengoleksi botol Coca-Cola. Pria tersebut bernama Kannie Yeo yang telah mengoleksi botol Coca-Cola sejak tahun 1998. Hobi uniknya itu berawal saat ia mengunjungi kekasihnya LDR nya di Thailand.

Koleksi botol Coca-Cola pertamanya adalah botol beling edisi Natal tahun 1996 di Amerika Serikat. Botol Coca-Cola didapatkan dari Mall MBK Center, Bangkok. Untuk mendapatkannya ia rela merogoh kocek sebesar Rp 460.000, lapor Mothership (02/02).

Hingga tahun 2014 ia telah menghabiskan uang sebanyak Rp 515.000 juta. Koleksi botol Coca-Cola itu didapatkan dari berbagai negara dengan berbagai versi. Sejak saat itu ia tidak pernah menghitung pengeluarannya lagi untuk membeli botol Coca-Cola.

Keannie Yeo juga bergabung ke dalam grup kolektor botol Coca-Cola. Bahkan ia pernah menjadi presiden Coca-Cola Collectors Club Singapura. Grup tersebut juga rutin berkumpul dari seluruh dunia, seperti Malaysia, Prancis, Argentina, dan Spanyol.

2. Koleksi Botol Saus

Hobi Koleksi Botol Makanan Dan Minuman 1

Berbeda dengan Ralph Finch yang memiliki untuk mengoleksi botol saus. Pria yang tinggal di Farmington Hills, Michigan tersebut mengaku sangat menyukai saus tomat. Karenanya ia mengoleksi botol saus yang ia beli. Bahkan koleksi botol sausnya telah mencapai ribuan botol.

Saking cintanya dengan saus tomat, pria yang berprofesi sebagai komedian ini mendapat julukan sebagai King of Ketchup atau raja saus tomat. Rupanya Ralph tidak bisa jauh dari saus tomat sejak ia masih kecil. Makanan apapun yang disantap selalu dicampur dengan saus tomat.

Ralph juga memiliki ruangan khusus yang digunakan untuk menyimpan koleksi botol kecapnya. Botol-botol saus tersebut didapatkan dari berbagai penjuru. Maka tak heran botol saus yang dimilikinya memiliki bentuk yang lucu dan unik. Bahkan ia memiliki botol saus berusia ratusan tahun.

3. Koleksi Botol Susu

Hobi Koleksi Botol Makanan Dan Minuman 2

Pria di Inggris bernama Steve Wheeler ini juga punya hobi mengoleksi botol bekas minuman. Botol yang dikoleksi adalah botol susu. Hobinya ini telah dilakukan sejak 30 tahun lebih. Pada 2013 lalu saja, koleksi botol susunya sudah mencapai 200.000.

Dilansir dari Daily Mail (30/08/13) koleksi botol susu milik Steve ini senilai Rp 1,6 Milyar. Steve mengatakan bahwa botol susunya tidak hanya didapatkan dari Inggris, tetapi juga berbagai negara seperti, Australia, Pakistan, Amerika, Kanada dan lainnya.

Steve juga berhasil mendapatkan botol susu tertua yang merupakan keluaran tahun 1880. Meski tertarik dengan botol susu, tetapi Steve mengaku tidak pernah minum susu sejak usianya masih remaja. Itu karena Steve tidak menyukai rasa susu.

4. Koleksi Botol Kecap

Hobi Koleksi Botol Makanan Dan Minuman

Kisah orang yang hobi koleksi botol wadah bahan makanan ini datang dari seorang Chef. Bernama Chef Alif yang selalu menganggap bahwa botol kecap memiliki keunikan tersendiri. Khususnya pada stiker yang menempel di botol-botol kecap.

Botol kecap tersebut dikumpulkan dari berbagai daerah di Indonesia. Seperti Kecap Menjangan dari Surabaya, Kecap Cap Kuntul dari Cilacap hingga Ketjap Masak Ikan Lele dari Pati. Jadi, setiap pergi ke suatu daerah, ia selalu mengunjungi pasar tradisional.

Menurutnya, pasar tradisional merupakan tempat paling tepat untuk mendapatkan botol kecap dari merek lokal. Botol kecap yang ia miliki mencapai 200 lebih. Botol-botol tersebut ia simpan di area dapurnya.

5. Koleksi Botol Whisky

Ada hal yang menginspirasi dari kisah remaja yang hobi koleksi whisky. Remaja tersebut adalah Matthew Robson yang berhasil membeli rumah pertamanya dari hasil koleksi whisky. Dilansir dari Fox News (07/09), botol whisky koleksinya itu didapatkan dari ayahnya sebagai hadiah ulang tahun.

Bukan hanya sekadar hadiah, ayahnya memberikan whisky juga sebagai investasi. Matthew mengaku bahwa dirinya tidak dibolehkan untuk minum-minum. Jadi whisky tersebut disimpan hingga jumlahnya memiliki nilai Rp 780.822.500.

Botol-botol Whisky yang masih ada isinya itu kemudian dijual ke pialang Whisky yang telah mendapat pesanan dari pembeli di New York dan Asia. Hasil penjualan itu yang dimanfaatkan untuk membeli rumah pertamanya. (Dtk)

Share