5 Racikan Jus Buah Untuk Perkuat Daya Tahan Tubuh

Jakarta – Selain air putih, di pagi hari bisa dikonsumsi beragam jus buah segar. Aneka buah segar punya nutrisi yang bisa perkuat daya tahan tubuh.

Penurunan daya tahan tubuh sebagian besar dipengaruhi oleh makanan atau asupan harian. Di saat pandemi penting untuk selalu mengonsumsi buah dan sayuran segar sebagai sumber nutrisi alami yang menyehatkan.

Buah segar selain dimakan dalam bentuk potongan, saat sarapan kamu bisa melengkapi dengan beragam jus buah segar. Buah segar mengandung serat, vitamin dan mineral yang bisa perkuat daya tahan tubuh.

Sebaiknya racik dan pilih buah dengan kandungan vitamin, mineral terbaik untuk daya tahan tubuh. Hindari mengonsumsi jus buah kemasan karena banyak mengandung gula. Racik jus dari buah segar dan nikmati segera setelah dibuat agar kandungan vitaminnya tidak hilang. Konsumsi jus buah tanpa tambahan gula dan pemanis.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini 5 racikan jus yang baik dikonsumsi di pagi hari dan mampu perkuat daya tahan tubuh.

1. Jus Tomat

Jus tomat segar rasanya asam manis dan enak diminum sesaat setelah dibuat. Sebaiknya jangan gunakan blender atau juicer, cukup potong-potong tomat lalu tekan-tekan dalam saringan kawat hingga air dan daging buahnya tertampung. Sebaiknya jangan menambahkan gula atau pemanis.

Pilih tomat yang merah merata dan masak agar mendapatkan rasa jus yang enak. Tomat sangat kaya akan vitamin B-9 yang dikenal sebagai folat. Zat ini mampu menurunkan risiko infeksi. Selain itu tomat juga kaya akan magnesium yang berfungsi sebagai anti peradangan.

2. Jus Stroberi dan Kiwi

Stroberi dan kiwi keduanya memiliki rasa kecut yang kuat. Ini menandakan kedua buah ini sangat kaya akan vitamin C. Sementara buah kiwi juga mengandung vitamin K. Untuk membuat jus kedua buah ini bisa dicampur menjadi satu. Jus buah akan sedikit kental.

Sebagai tambahan bisa dicampur dengan susu rendah lemak atau skim. Susu memberi asupan vitamin D yang sangat diperlukan tubuh untuk menurunkan risiko flu dan pneumonia. Kekurangan vitamin D membuat tubuh rentan terpapar viris termasuk corona.

Bagikan