5 Tips Membuat Nasi Kebuli Kambing Pakai Rice Cooker

Tips Membuat Nasi Kebuli 7

Jakarta – Nasi kebuli kambing jadi sajian spesial saat perayaan Idul Adha. Memasak nasi kebuli bisa menggunakan rice cooker sehingga lebih praktis. Ini tipsnya!

Nasi kebuli dikenal sebagai hidangan nasi berbumbu rempah. Biasanya menyantap nasi kebuli dilengkapi dengan daging kambing yang empuk. Namun, bisa juga diganti dengan daging ayam tergantung selera masing-masing.

Tak perlu membeli, nasi kebuli kambing juga bisa dibuat sendiri di rumah. Caranya mudah, hanya menggunakan rice cooker seperti memasak nasi putih biasa. Sebelum memasak nasi kebuli, sebaiknya perhatikan beberapa tips mulai dari jenis beras yang dipakai hingga penggunaan rempah dan bumbu.

Berikut 5 tips membuat nasi kebuli kambing pakai rice cooker.

1. Pilih Beras Pera

Jika ingin memasak nasi kebuli, perhatikan dulu jenis beras yang dipilih. Biasanya nasi kebuli menggunakan jenis beras bebrulir panjang, pera yang menghisap banyak air, tidak lengket tapi tetap pulen. Jenis beras lokal seperi ramos atau setra ramos yang berbulir panjang bisa jadi pilihan.

Bisa juga memakai beras basmati dari India atau Pakistan. Beras ini termasuk jenis long grain atau berbulir panjang. Banyak dijual di pasar tradisional dengan harga Rp 30.000 – Rp. 40.000 per kilogram.

Jika dimasak dengan air beras ini akan mengembang lebih panjang, hampir dua kali lipat. Jika dilihat tampilannya, nasi beras basmati terlihat pera, tetapi saat dimakan terasa pulen teksturnya. Sebelum dimasak, beras ini sebaiknya direndam air dingin selama 30 menit – 1 jam.

Selain cocok untuk membuat nasi kebuli, beras basmati juga bisa diolah menjadi nasi biryani, jeera rice, puliyogare, nasi brinji hingga vaangi bath. Dalam berbagai olahan itu, beras basmati dicampur dengan rempah-rempah untuk membuat rasanya menjadi gurih.

2. Bisa Pakai Bumbu Praktis

Nasi kebuli dimasak dengan berbagai bumbu, ada bumbu segar, rempah-rempah kering seperti jintan, ketumbar, merica, kapulaga, cengkeh, hingga kayu manis. Banyaknya jenis rempah yang dipakai terkadang sulit mendapatkan atau mengingat namanya.

Namun jangan khawatir, kamu bisa menggunakan paket bumbu praktis. Bumbu tersebut bernama Pemasak Kambing. Dalam satu kemasan, bumbu tersebut sudah berisi campuran dari jenis-jenis rempah bubuk yang dibutuhkan untuk memasak nasi kebuli.

Paket bumbu ini banyak tersedia di pasar-pasar tradisional bagian bumbu atau situs belanja online. Untuk ukuran yang kecil dibanderol sekitar Rp 3.500. Paket bumbu ini bisa jadi pilihan praktis saat masak nasi kebuli. Tinggal dicampur dengan bumbu segarnya.

3. Pakai Rice Cooker

Jika ingin yang lebih praktis lagi, kamu bisa memanfaatkan rice cooker untuk memasak nasi kebuli. Cara memasaknya sama seperti memasak nasi biasa. Beras yang sudah dicuci dan bersih dimasukkan ke dalam rice cooker.

Kemudian, beras tersebut dicampur dengan bumbu rempah bekas perebusan daging kambing. Proses ini untuk membuat rasa nasi kebuli menjadi gurih. Setelah itu, tutup rice cooker dan masak nasi kebuli sampai matang. Jangan lupa aduk-aduk beberapa kali supaya tak ada endapan bumbu di dasar rice cooker.

Nasi dari beras basmati yang sudah matang ukurannya akan berubah lebih panjang dari sebelumnya. Warnanya juga berubah jadi kecokelatan. Nah, lalu tambahkan bawang goreng dan kismis ke dalam nasinya. Jika suka rasa gurih bisa ditambahkan minyak samin ke dalam nasi, aduk hingga rata dan minyak samin meleleh dan sajikan di wadah.

4. Gunakan Minyak Samin

Selain penggunaan rempah yang beragam, tips membuat nasi kebuli agar lebih lezat lagi adalah dengan mencampurkan minyak samin. Minyak samin atau bisa dikenal dengan sebutan ghee adalah mentega yang dijernihkan dan dibuang endapannya.

Minyak samin berwarna kekuningan dengan tekstur yang lembut dan berbentuk padat. Minyak samin digunakan untuk menumis bumbu halus nasi kebuli, seperti bawang merah, bawang putih bawang bombay dan jahe.

Selain itu, minyak samin juga bisa dicampur dalam beras basmati yang dimasak di rice cooker. Dengan campuran minyak samin, nasi kebuli akan lebih beraroma dan lebih nikmat. Jika tak ada minyak samin bisa dipakai mentega tawar (unsalted butter).

5. Masak Beras dengan Bumbu Rempah Perebusan Daging

Rempah-rempah yang tadi digunakan untuk membumbui daging kambing. Daging kambing direbus dengan rempah, santan dan garam. Angkat daging kambing jika sudah matang. Nah, bekas air perebusan daging kambing ini dipakai untuk memasak nasi kebuli.

Ukur kuah perebusan sesuai dengan jumlah beras. Jika masih kurang bisa ditambah dengan air panas. Jika kuah perebusnya masih tersisa, kemas dalam wadah dan simpan di freezer. Saat akan membuat nasi kebuli tinggal menambahkan dalam beras dan nasi kebuli siap santap dalam 30 menit. (Dtk)

Share