53 Warga Tulang Bawang Jalani Rapid Test

53 Warga Tulangbawang Jalani Rapid Test

Menggala – Sebanyak 53 orang dilakukan pemeriksaan cepat atau rapid test karena diduga┬ápernah berkontak langsung dengan pasien 02, 03, dan 04 terkonfirmasi positif Covid-19.

Mereka merupakan warga sekitar kediaman pasien yang berada di Kampung Mulyoaji, Kecamatan Meraksaaji, Tulangbawang dan petugas kesehatan tempat pasien berobat.

Juru Bicara Satgas Senanganan Covid-19 Kabupaten Tulangbawang Fatoni mengatakan, dari hasil penelusuran atau tracing yang dilakukan tim surveilance mendapati 53 orang warga sempat melakukan kontak langsung dengan para pasien.

Dari jumlah itu, lanjut dia, 10 diantaranya merupakan petugas kesehatan. Sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran wabah virus yang kini menelan sepuluhan korban jiwa di Provinsi Lampung, pihaknya melakukan rapid test.

“43 orang pagi ini akan dilakukan rapid test secara keseluruhan. Kalau tenaga kesehatan yang kontak sudah dirapid test hasilnya non reaktif,” kata Fatoni, Kamis, 10 September 2020.

Fatoni mengimbau masyarakat agar senantiasa mamatuhi protokol kesehatan dalam kehidupannya sehari-hari. Dia pun meminta agar masyarakat tidak panik, namun tetap waspada akan bahaya penyebaran virus yang kini berdampak pada pelemahan ekonomi di dalam negeri.

“Semoga wabah virus (Covid-19) ini segera berlalu dari tanah air dan dunia. Terapkan protokol kesehatan jangan lupa pakai masker, jaga jarak, cuci tangan pakai sabun dan air mengalir, serta hindari kerumunan,” katanya. (LP)

Share