7 Restoran Paling Bersejarah di Dunia yang hingga Kini Masih Buka

Jakarta – Setiap bangunan memiliki sejarah dan cerita menarik masing-masing dibaliknya. Termasuk restoran yang menyimpan banyak kisah hingga ratusan tahun silam.

Banyak restoran yang memiliki berbagai hidangan lezat yang sangat digemari oleh pelanggan. Atau restoran dengan desain dan interior yang menarik yang membuatnya dilihat berbeda.

Suasana dan pelayanan yang dimiliki oleh restoran juga tak luput menjadi hal yang diperhatikan oleh para pelanggan. Misalnya pelayanan yang ramah, menu yang istimewa bisa membuat pelanggan ingin kembali lagi ke restoran tersebut.

Beberapa restoran dari mancanegara terkenal karena sejarah yang dimilikinya. Pertama kali didirikan di masa lampau dan menyimpan banyak cerita historis di dalamnya membuat restoran ini juga mempunyai daya tariknya sendiri bagi pelanggan.

Berikut ini beberapa restoran bersejarah dan menarik yang dilansir dari MSN (3/12):

1. Union Oyster House, Massachusetts, Amerika Serikat

Berlokasi di Boston, restoran tertua ini menyebut diri sebagai restoran terlama yang pernah beroperasi. Bahkan bangunan restoran ini sudah berdiri sejak sebelum revolusi Amerika. Raja Perancis yang diasingkan, Louis Philippe, tinggal di sini pada tahun 1796 dan surat kabar tertua Amerika, The Massachusetts Spy, dicetak di gedung itu juga.

Sejak restoran dibuka pada tahun 1826, banyak yang mengklaim popularitasnya termasuk menjadi tempat makan siang favorit anggota kongres JFK dan menurut artefak berbingkai di dinding restoran ini menjadi tempat di mana tusuk gigi pertama kali digunakan di Amerika Serikat.

2. White Horse Tavern, Pulau Rhode, Amerika Serikat

Diakui sebagai kedai tertua di Amerika restoran ini telah bertahan dengan tidak melakukan pembongkaran untuk menjaga sejarahnya. Restoran ini menjadi sejarah yang layak untuk dilestarikan.

Restoran ini mulai dibuka pada tahun 1673 oleh William Mayes dengan kepemilikan kemudian dipindahkan ke putranya. Cerita mistis tentang bajak laut yang menghantui restoran ini juga menjadi kepercayaan publik.

Restoran ini juga cukup populer bagi anggota dewan lokal yang menikmati makan siang. Sekarang terkenal karena chowder kerang dan kisah hantunya.

3. La Couronne, Prancis

Berdiri setidaknya dari 1345 menurut restoran mewah klasik di Rouen, Normandia ini diklaim sebagai penginapan tertua di Prancis yang masih beroperasi. Meskipun menyajikan banyak menu disajikan dengan teknik yang cukup modern. Makanan khas tradisional Prancis tetap disajikan dengan gaya perkembangan gaya baru.

Sejarah pada restoran ini terlihat dari setiap taplak meja, foto berbingkai dan panel kayu yang semuanya merupakan bagian dari pesonanya. Gaya klasik dari abad ke-14 dipertahankan di restoran ini dan menjadi daya tarik bagi pengunjungnya.

4. Bianyifang, China

Restoran ini merupakan yang tertua di China yang bangunannya didirikan pada tahun 1153 di Kaifeng, Henan. Tempat ini merupakan tempat bersejarah dengan bebek Peking khasnya yang legendaris.

Bianyifang didirikan pada tahun 1416 dengan lokasi aslinya, di Xianyukou Hutong di Beijing. Dianggap sebagai restoran bebek tertua di kota itu, restoran ini terkenal karena memasak unggas dalam oven tertutup antik untuk menghasilkan daging yang lembut dan beraroma.

5. Rule, Inggris

Thomas Rule membuka tempat mewah ini sebagai bar tiram pada tahun 1798. Saat ini Rule diklaim sebagai restoran tertua yang masih beroperasi di London bahkan ada plakat di bagian luar sebagai buktinya.

Orang-orang terkenal telah makan di menu game-heavy-nya termasuk Charles Dickens, H. G. Wells, Sir Laurence Olivier dan Pangeran Wales (kemudian Edward VII). Restoran ini juga memiliki tempat spesial berupa meja untuk dua orang yang disukai seorang aktor dan sosialita, Lillie Langtry.

Bagikan