7 Takhayul Makanan Ini Masih Populer di Dunia, Apa Saja Ya?

Makan Mie

Jakarta – Banyak takhayul makanan masih populer di dunia. Seperti kepercayaan bawang putih bisa usir vampir hingga larangan beri hadiah pisau ke orang terdekat.

Secara harfiah, takhayul merupakan kepercayaan kepada sesuatu yang dianggap ada atau sakti, tetapi sebenarnya itu tidak ada. Takhayul erat kaitannya dengan budaya atau mitos yang dipercaya turun temurun di masyarakat. Banyak diantaranya ternyata menyangkut makanan.

Misalnya meyakini sebuah makanan memiliki suatu kekuatan atau akan menyebabkan nasib buruk jika tidak diperlakukan dengan tepat. Hal ini tidak hanya ada di Indonesia saja, tapi juga di banyak negara dunia.

Dari berbagai sumber, detikFood merangkum 7 takhayul makanan yang dipercaya di dunia:

1. Jangan beri hadiah pisau

Memberi hadiah pisau dapur mungkin terpikirkan banyak orang saat ingin menghadiahi orang yang suka masak. Namun ada takhayul lama yang menyebut hal ini sebaiknya tak dilakukan.

Pasalnya pisau bisa “memotong” hubungan baik yang selama ini ada. Kalaupun memang tetap ingin menghadiahi pisau, pemberinya perlu menempelkan uang koin ke pisau sebelum memberinya. Lalu yang menerima nanti harus mengembalikan uang koin itu sebagai wujud “pembayaran”.

2. Menumpahkan garam pertanda sial


Sebagai bumbu dapur populer, takhayul soal garam juga banyak dipercaya di dunia. Salah satunya jika kamu menumpahkan garam, maka hal sial akan menimpamu.

Untuk mengatasinya, kamu harus menaburi sejumlah garam ke bahu kiri. Cara ini diyakini bisa mencegah hal-hal buruk yang tadinya ingin menimpamu jadi gagal. Takhayul lain soal garam yang banyak diyakini di Indonesia adalah garam bisa mengusir setan dan aura-aura negatif lainnya jika ditaburi di beberapa bagian rumah.

3. Makan mie tidak boleh diputus


Di China, ada takhayul makanan yang sangat dipercaya. Saat menyantap mie, jangan memutus atau memotongnya karena bisa berakibat sial.

Masyarakat lokal meyakini mie yang panjang adalah simbol umur yang juga panjang. Sehingga jika kamu memutus mie itu, maka umurmu juga akan “terputus” alias jadi lebih pendek.

4. Bawang putih usir vampir

Dengan aroma dan cita rasanya yang kuat, bawang putih mampu melezatkan setiap masakan. Fungsi lainnya, bawang putih diyakini bisa mengusir vampir, hantu, atau roh-roh jahat di suatu tempat.

Caranya dengan menaruh beberapa siung bawang putih di tempat-tempat yang berpotensi didatangi hantu. Terlepas dari takhayul ini, bawang putih adalah bumbu dapur dengan sejuta khasiat. Konsumsinya baik untuk jaga imunitas tubuh hingga sehatkan jantung.

5. Dua kuning telur pertanda anak kembar


Ada banyak takhayul makanan soal telur. Salah satu yang populer menyebut jika kamu mendapati dua kuning telur (kembar) sekaligus saat memecahkan telur, maka kamu akan dikaruniai anak kembar.

Para petani juga meyakini menaruh kulit/cangkang telur di tanah mereka sebelum ditanami tumbuhan, akan memberikan keberuntungan yang bagus di panen berikutnya. Secara ilmiah, hal ini bisa dijawab karena cangkang telur bisa digunakan sebagai pupuk tanaman dan penetral tanah yang asam. (Dtk)

Share