749 Desa ‘Blankspot’ Terjangkau Internet Terus Diupayakan Pemprov Lampung

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Desa dan Transmigrasi Provinsi Lampung Zaidirina saat dimintai keterangan. Bandarlampung, Selasa (16/2/2021).

Bandarlampung – Pemerintah Provinsi Lampung sedang mengupayakan 749 desa yang belum terjangkau jaringan internet (blankspot) mendapatkan akses internet.

“Berdasarkan data yang telah kita kumpulkan, dari  2.435 desa yang tersebar di 15 kabupaten dan kota di Lampung ada 749 desa yang masih blankspot,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Desa dan Transmigrasi Provinsi Lampung Zaidirina, di Bandarlampung, Selasa.

Ia mengatakan pemerintah tengah mengupayakan untuk bekerja sama dengan sejumlah operator penyedia layanan telekomunikasi untuk membuat tower di sejumlah desa yang masih tidak terjangkau internet.

“Di Lampung secara geografis memang kita sulit, namun kita tengah mencarikan solusi agar 749 desa dapat terjangkau internet sebab dengan internet pembangunan ekonomi dan pariwisata dapat lebih bergeliat,” katanya.

Menurutnya, dalam waktu dekat telah ditargetkan untuk sejumlah operator penyedia layanan telekomunikasi dapat memaparkan perhitungan pembangunan jaringan internet di area blankspot.

“Provider sedang kita minta memperhitungkan pembiayaan, sebab dengan adanya internet dapat membantu menyejahterakan masyarakat desa,” katanya.

Berdasarkan data tercatat di Kabupaten Tulang Bawang Barat ada 25 desa yang belum terjangkau internet, Lampung Tengah 55 desa, Pesisir Barat 73 desa, serta Tanggamus 34 desa.

Lalu Lampung Selatan 55 desa, Way Kanan 85 desa, Lampung Barat 36 desa, Lampung Timur 82 desa, Pringsewu 22 desa, Mesuji 33 desa, Pesawaran 42 desa, Lampung Utara 133 desa, dan Tulang Bawang 74 desa. (Ant)

Bagikan