76 Siswa Lolos Audisi Duta Seni Boyolali Ke Inggris

0
1
Salah satu peserta mempertunjukan kebolehan menari dalam seleksi Program Duta Seni dan Misi Kebudayaan Pelajar Kabupaten Boyolali 2020, di Museum R. Hamong Wardoyo Boyolali, Jumat (31/1/2020)

Boyolali – Sebanyak 76 siswa SMA/SMK/MA dari berbagai sekolah lolos audisi tahap III Program Duta Seni dan Misi Kebudayaan Pelajar Kabupaten Boyolali 2020 yang bakal dikirim ke Inggris.

“Dari 400 siswa yang mendaftar setelah melalui seleksi tahap I dan II, dan memasuki audisi III menyisakan 76 siswa program duta seni tahun ini,” kata Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Boyolali, Budi Prasetyaningsih, di Boyolali, Sabtu.

Mereka yang lolos masuk audisi tahap III tersebut akan mengikuti seleksi penggalian potensi peserta yang digelar di Museum R. Hamong Wardoyo Boyolali, selama tiga hari, mulai Jumat (31/1) hingga Minggu (2/2).

“Sebanyak 76 peserta ini, akan dirampingkan lagi menjadi 50 peserta untuk audisi selanjutnya yang dilaksanakan di Kecamatan Selo, Boyolali. Para dewan juri akan menggali lebih dalam lagi tentang potensi peserta. Potensi teori, pengetahuan, praktik, atau tampilannya,” katanya.

Ia mengatakan penggalian lebih dalam bakat anak tentang seni di Boyolali pada khususnya dan Indonesia pada umumnya.

Selain itu, kata dia, ada pandangan atau pengetahuan anak-anak tentang kebudayaan di Boyolali khususnya dan Indonesia.

“Kami berharap anak-anak peserta audisi duta seni pelajar Boyolali lebih baik dari tahun sebelumnya, baik itu dari segi gerak tubuh dan lain sebagainya. Pengetahuan anak anak tentang kebudayaan, ilmu pengetahuan, dan teknologi itu lebih baik dibanding sebelumnya,” katanya.

Valencia Maria, salah satu peserta audisi, mengaku senang lolos ke tahap selanjutnya.

Dirinya mengaku percaya diri membawakan tarian di hadapan dewan juri dengan harapan bisa mengikuti semua tahapan hingga berangkat ke Inggris dalam program tersebut.

“Saya ingin mengeksplor dan berbagi ilmu tarian saya kepada orang banyak sehingga mereka tertarik belajar. Saya ingin dan berharap untuk membawa nama duta seni lebih baik lagi hingga dikenal di kancah internasional,” kata Maria yang siswi Kelas X SMA Negeri 1 Boyolali itu.

Sebelumnya, 400 siswa SMA/SMK/MA dari berbagai sekolah, baik negeri maupun swasta, mengikuti seleksi tahap pertama dalam penjaringan sebagai calon perwakilan Program Duta Seni dan Misi Kebudayaan Pelajar 2020 Kabupaten Boyolali ke luar negeri.

Menurut Kepala Disdikbud Kabupaten Boyolali Darmanto, pada tahap pertama 400 peserta menjalani ujian tertulis, kemudian mereka akan diseleksi menjadi 150 peserta, dan tahap kedua diseleksi wawancara mengerucut menjadi 78 peserta.

Pada tahap ketiga peserta akan menjalani tes bakat, diseleksi 50 siswa, dan tahap terakhir akan diuji lagi menjadi 16 siswa. Sebanyak 6 siswa itu yang akan menjadi perwakilan pelajar Boyolali untuk dikirim ke luar negeri membawa misi seni kebudayaan Indonesia, dan khususnya Boyolali.

Dia mengatakan 16 pelajar yang lolos seleksi dan ditambah dua Mas dan Mbak Duta Pariwisata Kabupaten Boyolali, sehingga totalnya 18 pelajar yang dikirim ke luar negeri. Duta Seni Pelajar Boyolali tahun ini,  sebagai kedelapan kali dilaksanakan. (Ant)