8 Manfaat Konsumsi Oatmeal di Pagi Hari Bagi Kesehatan

101d17bd 23d9 489d 9ead 44c70513c9bd 43

Jakarta – Oatmeal merupakan salah satu sumber karbohidrat kompleks yang terbuat dari oat atau Avena sativa. Umumnya dibuat jadi sarapan dengan terlebih dulu dicampurkan dengan air panas menjadi bubur atau susu.

Makanan ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan bila dikonsumsi. Dalam buku ’50 Resep Makanan untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh’ karya Lenny Jusup, oatmeal mengandung protein, magnesium, silika, selenium, seng, serat, hingga vitamin B1, B2, B3, B5, dan E.

Tak hanya itu, menurut hasil penelitian ahli nutrisi Mohsen Meydani dari Iowa State University, Amerika Serikat berjudul “Potential health benefits of avenanthramides of oats” menyebutkan oat mengandung antioksidan yang kuat.

Menurut artikel yang diterbitkan dalam jurnal Nutrition Reviews, Oxford University itu, salah satu jenis antioksidan tersebut yakni avenanthramides. Senyawa ini dipercaya bisa membantu mengurangi tekanan darah dan sejumlah manfaat lainnya bagi tubuh. Polifenol dalam oat juga bisa berperan sebagai antiinflamasi dan antiproliferatif.

Berikut buku manfaat konsumsi oatmeal:

1. Kenyang Lebih Lama

Manfaat konsumsi oatmeal untuk diet karena bisa membuat tubuh merasa kenyang lebih lama. Oatmeal diketahui memperlambat pencernaan karena berubah menjadi gel saat melewati pencernaan dan memberi asupan bakteri baik pada usus.

2. Merawat Kulit

Kandungan vitamin E pada oatmeal juga membuat kulit semakin sehat serta terawat. Kandungan-kandungan tersebut bisa menjadi manfaat konsumsi oatmeal untuk untuk wajah

Selain dikonsumsi, oatmeal juga banyak digunakan sebagai bahan dasar masker alami. Sebab, kandungannya bisa membersihkan kulit dan menyingkirkan racun serta senyawa berbahaya.

3. Cegah Diabetes

Oatmeal juga bisa membantu menurunkan kadar gula dalam darah sehingga risiko penyakit diabetes bisa berkurang. Sebab, indeks glikemik pada oatmeal sangat rendah dan hal itu berkaitan dengan resistensi insulin yang sedikit.

4. Jaga Stamina

Oatmeal mengandung banyak karbohidrat dan protein sehingga bisa memenuhi banyak kebutuhan energi pada tubuh. Dengan mengonsumsi oatmeal seseorang akan memiliki stamina yang jauh lebih maksimal.

5. Kesuburan

Manfaat konsumsi oatmeal untuk untuk kesuburan sangat berpengaruh pada kandungan antioksidan. Sebab, kandungan tersebut bisa melindungi DNA pada sperma maupun sel telur sehingga bisa meningkatkan peluang untuk hamil.

6. Tidur Nyenyak

Oatmeal juga bisa membuat kualitas tidur jauh lebih nyenyak. Sebab, kandungan dari oat bisa membantu menenangkan saraf sehingga bisa membuat tubuh rileks untuk tidur.

7. Turunkan Kolesterol

Oatmeal menjadi makanan wajib bagi para penderita kolesterol. Pasalnya, oat memiliki serat beta-glucan yang bisa menyerap kolesterol jahat dalam tubuh.

Selain itu, kandungan asam linoleat dan serat larut dapat membantu menurunkan kadar trigliserida sehingga mencegah juga penyakit serangan jantung hingga stroke.

8. Sehatkan Pencernaan

Manfaat konsumsi oatmeal untuk untuk pencernaan sangat membantu. Sebab, setiap orang pada dasarnya disarankan untuk mengonsumsi serat sekitar 25 gram per hari agar pencernaan lancar.

Dalam seporsi kecil oat, terkandung 1/5 kebutuhan serat harian. Dengan begitu, detikers bisa memiliki pencernaan yang lebih sehat ketika mengonsumsi oatmeal. (Dtk)

Share