9 Manfaat Ketumbar: Atasi Diabetes hingga Sehatkan Kulit

Ketumbar 2 169

Jakarta – Manfaat ketumbar cukup banyak disamping popularitasnya sebagai salah satu jenis bumbu dapur. Salah satu rempah yang banyak tumbuh di Indonesia dan beberapa daerah lain di Asia ini juga bisa dimanfaatkan dalam bidang pengobatan.

Biji ketumbar memiliki warna kecokelatan dengan bentuk bulat. Ketumbar juga mengandung minyak esensial yang memberikan rasa khas pada masakan. Tidak hanya bijinya, daun ketumbar juga banyak dinikmati dengan makanan untuk memberikan rasa yang berbeda. Secara tradisional ketumbar sering digunakan untuk meningkatkan kesehatan.

Berikut manfaat ketumbar yang harus diketahui:

1. Tingkatkan Kesehatan Kulit


Menurut penelitian yang dilakukan oleh California University of Ayurveda, biji ketumbar cukup efektif dalam menyembuhkan berbagai penyakit kulit seperti eksim, kulit gatal, ruam dan juga peradangan. Manfaat ketumbar untuk kecantikan ini karena bumbu berbentuk biji tersebut memiliki sifat antiseptik.

Selain itu, biji ketumbar juga mengandung asam linoleat yang memiliki khasiat sebagai pereda nyeri untuk mengurangi iritasi.

2. Membantu Atasi Diabetes


Manfaat ketumbar yang kedua adalah membantu atasi diabetes. Beberapa praktik tradisional menggunakan biji ketumbar secara teratur untuk membantu menjaga gula darah. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The British Journal of Nutrition, ditemukan bahwa ekstrak biji ketumbar memiliki senyawa tertentu yang saat dibuang ke dalam darah menyebabkan anti-hiperglikemik, pelepasan insulin dan gerakan seperti insulin yang menahan kadar glukosa seseorang dalam batas yang tepat.

3. Melebatkan Pertumbuhan Rambut


Rambut rontok bisa terjadi karena folikel rambut melemah, ketidakseimbangan hormon dan juga stres serta pola makan yang kurang baik. Biji ketumbar dikenal dapat mencegah rambut rontok dan menyegarkan akar untuk perkembangan rambut baru dan mengendalikan masalah rambut rontok.

4. Sehatkan Pencernaan


Dikutip dalam NDTV, menurut Amol Ghosh, Clinical Tutor (Rtd), N.R.S. Hospital, Kolkata mengatakan, “Biji ketumbar memiliki sifat antioksidan dan serat makanan yang membantu kerja hati yang sehat dan membantu buang air besar. Mereka membantu dalam pembentukan senyawa dan cairan pencernaan yang memfasilitasi prosedur pencernaan. Jika Anda mengalami gangguan pencernaan, cobalah tambahkan biji ketumbar ke dalam makanan, untuk tahu khasiatnya.”

Dr Rupali Datta, Kepala Ahli Gizi SmartCooky mengatakan,”Biji ketumbar menambah rasa yang enak pada makanan dan membantu dalam proses pencernaan. Mereka juga merupakan sumber serat, fosfor dan kalsium yang baik.”

5. Cegah Kolesterol Tinggi


Manfaat ketumbar untuk jantung salah satunya adalah menjaga agar kolesterol darah tidak tinggi. Kadar kolesterol atau profil lipid secara teratur menjadi kekhawatiran selama pemeriksaan. Agar kadarnya tetap normal, biji ketumbar dapat membantu.

Menurut Indrani Subramanian dari Apollo Hospital, Kolkata, “Biji ketumbar mengandung senyawa yang disebut ketumbar yang mengontrol proses pencernaan lipid, sehingga menurunkan kadar kolesterol kita. Biji ketumbar memiliki efek kuat pada cara tubuh mencerna makanan dan menyerap lemak.”

6. Menyembuhkan Flu


Vitamin C merupakan antioksidan kuat yang sangat penting untuk tubuh yang sehat serta kulit yang indah. Biji ketumbar memiliki banyak vitamin utama seperti asam folat, vitamin A dan betakaroten serta vitamin C.

Menurut Rathod dari Vedic Healing, daun dan biji ketumbar mengandung hampir 30 persen dari jumlah vitamin C yang disarankan setiap hari yang membantu menyembuhkan flu.

7. Seimbangkan Hormon Saat Menstruasi


Ketika menstruasi tidak hanya hormon yang tak stabil tetapi juga aliran darah menstruasi. Dr. Indrani Jana dari Apollo Hospital, Kolkana berkata, “Biji ketumbar mengandung stimulan alami yang merangsang kelenjar endokrin Anda untuk mengeluarkan dan menjaga keseimbangan hormon yang tepat dan memastikan bahwa rasa sakit yang terkait dengan menstruasi berkurang sehingga siklus menstruasi lancar.”

8. Tingkatkan Sistem Imun


Dikutip dalam Healthline, salah satu manfaat ketumbar adalah meningkatkan sistem imun. Ketumbar mengandung beberapa antioksidan yang mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas. Senyawa ini termasuk terpinene, quercetin dan tokoferol yang mungkin memiliki efek antikanker, meningkatkan kekebalan tubuh dan melindungi saraf.

9. Melawan Infeksi


Ketumbar mengandung senyawa antimikroba yang dapat membantu melawan infeksi tertentu dan penyakit bawaan makanan.

Dodecenal ialah senyawa dalam ketumbar yang dapat melawan bakteri seperti salmonella yang bisa menyebabkan keracunan makanan yang mengancam jiwa dan mempengaruhi 1,2 juta orang setiap tahun di Amerika Serikat.

Selain memiliki manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Tentunya manfaat ketumbar adalah sebagai pelezat makanan. Anda bisa mencampurkan ketumbar dalam bumbu ayam goreng, soto hingga beberapa makanan lain.

Untuk mendapatkan manfaat ketumbar yang optimal, Anda juga bisa merendam ketumbar yang sudah disangrai dalam air dan direbus. Kemudian air rebusannya bisa diminum dalam kondisi hangat. (Dtk)

Share