PLT Bupati Lamtim Zaeful Bukhori Panen Bawang Merah Di Kecamatan Batang Hari

0
5

Lampung timur, etalase info.com – Pengembangan potensi pertanian di Kabupaten Lampung Timur (Lamtim), tidak hanya terbatas pada komoditi tanaman pangan. Komoditi tanaman hortikultura juga menjadi bagian dari pengembangan potensi pertanian yang dilakukan pemkab setempat.

Dalam sambutanya sebagai Pelaksana tugas (Plt) Bupati Lamtim Zaiful Bokhari saat menghadiri panen raya bawang merah di lahan budidaya Kelompok Tani (Poktan) Asa Mandiri, di Kecamatan Batanghari, Rabu (26-6-2019).

Kabupaten Lampung Timur mempunyai potensi lahan pertanian seluas 174.943 hektare yang terdiri dari lahan sawah 63.421 hektare dan Iahan kering seluas 111.522 hektare dengan jumlah kelompok tani 6.064,” kata Zaiful. Menurut dia, upaya memaksimalkan pengembangan potensi lahan pertanian tersebut, tidak hanya dilakukan pada komoditi tanaman pangan, tapi hortikultura. Salah satunya bawang merah. 

Kita terus berupaya mengembangkan usaha budidaya dan produksi komoditi bawang merah. Salah satunya dengan mengalokasikan dana bantuan untuk budidaya bawang merah di lahan seluas lima hektare,” terangnya.

Zaiful berharap, panen raya bawang merah Poktan Asa Mandiri dapat semakin memotivasi para petani di Kabupaten Lamtim untuk membudidayakan tanaman bersiung tersebut.

Tahun 2018 lalu, kita juga mendapatkan bantuan bibit dan pupuk dari pemerintah pusat untuk pengembangan budidaya bawang merah seluas 20 hektare. Tahun ini, Lampung Timur kembali mendapat bantuan dari pusat untuk budidaya bawang merah seluas lima hektare,” ungkapnya. 

Bupati berharap, kelak produksi bawang merah Kabupaten Lamtim terus meningkat, bahkan menjadi centra penghasil bawang merah di Provinsi Lampung .(Ross/din)