Akan Bangun Gedung Baru, Dinas Perpustakaan Kalsel Studi Banding ke Lampung

Bandarlampung – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan melakukan studi banding ke Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Lampung.

“Kami mengucapkan selamat datang di daerah Sai Bumi Ruwa Jurai sekaligus mengapreasi kunjungan dari rombongan Disperpusarsip Provinsi Kalimantan Selatan yang melakukan kaji banding dalam rangka kaji teknis perencanaan guna melakukan penata usahaan belanja pembangunan gedung. Kami tentunya sangat surprise dikunjungi oleh teman- teman Disperpusarsip Kalsel. Semoga kunjungannya akan membawa manfaat dan memperoleh apa yang diharapkan,” kata Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Lampung, Ferynia, di Bandarlampung, Sabtu.

Ramdani Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan selaku Ketua rombongan menilai, bahwa pembangunan gedung layanan perpustakaan pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Lampung layak dijadikan sebagai contoh.

“Kami berharap dengan kunjungan ini, akan banyak memperoleh masukan serta informasi terkait dengan pembangunan gedung layanan perpustakaan yang menurut kami, ini sangat luar biasa, Lampung sebentar lagi akan memiliki gedung layanan perpustakaan yang modern. Tentu kami tidak salah melakukan kunjungan ke Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Lampung,”  ujarnya.

Pembangunan gedung layanan perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan yang direncanakan dilakukan pada TA 2020, selain melakukan kaji banding juga kaji teknis perencanaan dan penatausahaan belanja pembangunan gedung.

Pada kunjungan tersebut, jajaran Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan juga mengikutsertakan seksi perencanaan dan seksi keuangan. Dalam paparannya Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Lampung Siti Fajariyah menjelaskan, bahwa pembangunan gedung layanan perpustakaan (Lampung Creativ Center) memiliki lima lantai.

Lantai dasar untuk ruang informasi, anak, difabel dan manula. Kemudian ruang Puspa Iptek, diorama,  ATM. Area bisnis, tempat baca umum. Lantai dua adalah untuk ballroom, ruang rapat, cinema, ruang audio visual Dimensi dan Ruang Baca Umum. Selanjutnya untuk lantai tiga adalah ruang deposit, dan lantai empat menjadi tempat untuk ruang kepala dinas dan staf. Adapun lantai lima adalah tempat roof top untuk aktifitas dan kreativitas.

Dipaparkannya, saat ini pembangunannya masih berproses. “Kita berharap akhir tahun ini, insyaallah selesai dan bisa ditempati,” ungkap Siti Fajariyah. Selanjutnya rombongan Dinas Perpusarsip Provinsi Kalimantan Selatan, berkesempatan meninjau dan melihat dari dekat gedung layanan perpustakaan (Lampung Creativ Center) yang masih dalam proses pengerjaan. (Ant)

Share