Anggota DPRD Lampung Akan Tindak Lanjuti Tuntutan Mahasiswa

0
13
Massa Aliansi Lampung untuk Indonesia penuhi kantor DPRD Lampung, Selasa (24/9/2019)

Bandarlampung – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Lampung dari Fraksi PKS, Ahmad Mufti Salim mengatakan pihaknya akan menindaklanjuti tuntutan massa yang menggelar demonstrasi di gedung dewan setempat.

“Berkaitan substansi yang disampaikan oleh mereka ada 13 hal yang disampaikan mereka, saya kira ini perlu diperjuangkan di tataran nasional,” kata Ahmad Mufti Salim, di Bandarlampung, Selasa.

Namun, yang disampaikan oleh massa aksi juga ada beberapa hal isu lokal yang belum bisa ditindaklanjuti karena memang alat kelengkapan dewan (AKD) belum terbentuk sehingga untuk menyelesaikannya mereka harus bersabar hingga AKD terbentuk.

Ia mengatakan bahwa saat ini DPRD Lampung baru membentuk fraksi-fraksi saja sedangkan untuk ketua definitif dan lainnya belum ada sehingga untuk menyelesaikan permasalahan isu lokal yang harus ditindaklanjuti secara sistemis harus menunggu AKD terbentuk karena memang pihaknya tidak bisa melangkahi peraturan UU yang berlaku.

“Minimal permasalahan isu lokal yang harus ditindaklanjuti secara sistemis dapat di lakukan pertengahan Oktober 2019 baru bisa ditindaklanjuti dan yang sifatnya tidak perlu birokrasi atau sistemis akan kita tindaklanjuti saat ini juga,” katanya.

Ia mengatakan bahwa pada prinsipnya sebagai wakil rakyat pihaknya akan menindaklanjuti aspirasi mereka dengan komitmen dan kesungguhan dari semua anggota dewan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.

Ia pun mengapresiasi massa yang berjumlah ribuan orang tersebut menjalankan aksinya dengan damai begitu pula pihak keamanan yang senantiasa mengawal aksi dengan penuh kenyamanan.

Sementara itu perwakilan dari Aliansi Lampung untuk Indonesia Arga Wijahadi mengatakan bahwa mereka memberikan batas waktu yang selama tiga hari kepada perwakilan rakyat untuk menindaklanjuti tuntutan mereka.

“Apabila itu tuntutan kami tidak diaminkan oleh mereka kami akan kembali menggelar aksi massa kembali yang lebih besar lagi dari hari ini,” katanya.

Sebelumnya aliansi Lampung untuk Indonesia yang di dalamnya adalah massa dari mahasiswa se-Lampung dan organisasi kemasyarakatan bergerak menuju kantor DPRD Lampung dari Jalan Wolter Monginsidi dan memadati gedung dewan tersebut untuk menyampaikan tuntutan mereka terkait Revisi UU KPK dan RKUHP. (ANt)