Arinal Harap Pembangunan Kawasan Pariwisata Terintegrasi di Bakauheni Rampung Pada 2022

Kalianda, etalaseinfo.com – Gubernur Lampung, Ir. H. Arinal Djunaidi lakukan kunjungan kerja (kunker) ke Lampung Selatan, Senin (26/10/2020) Pagi dalam rangka rapat koordinasi pembangunan kawasan pariwisata terintegrasi pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan.

Bertempat di aula rajabasa kantor Bupati Lampung Selatan, kedatangan orang nomor satu di provinsi lampung itu disambut baik oleh Pjs. Bupati Lamsel, Drs. H. Sulpakar, MM dan Seluruh Jajaran Pemkab Lamsel.
Turut hadir, Unsur Forkorpimda Lamsel, Direktur PT ASDP, Direktur PT Utama Karya, Direktur PT ITDC, Para Camat dan Tokoh Adat lima Marga Lamsel.

Dalam Kunjungannya, Gubernur Arinal mengatakan program nasional yang berada di wilayah lampung selatan harus termanfaatkan. Arinal juga mengatakan agar pemerintah daerah dapat membantu dalam penyelesaian masalah terkait pembangunan sektor pariwisata di bakauheni.

“Bakuheni sudah dinobatkan sebagai kawasan pariwisata oleh pak presiden, 20 juta orang mondar-mandir melalui ASDP setiap tahunnya akan sangat disayangkan jika tidak termanfaatkan, oleh karena itu saya berinisiatif bersama direktur ASDP Ibu Ira, Bakauheni untuk 2022 bisa berkembang dan bisa sukses pariwisatanya,” Ucapnya.

“Lampung ini luar biasa, kita punya potensi wisata banyak sekali. Seperti gunung anak krakatau, teluk kiluan, tempat menyelam pulau pahawang, juga ada kawasan observasi. Tidak semua provinsi memiliki potensi seperti itu, saya mohon kepada bupati dan jajaran untuk dapat membantu hal-hal yang terkait dengan penyelesaian masalah dan jangan sampai menimbulkan masalah” Jelasnya.

“Lampung Selatan ini sebagai objek pembangunan awal saya untuk kebangkitan provinsi lampung. Saya mohon dukungannya karena investasi ini tidak kecil, terutama wilayah yang akan dimulai lebih awal adalah pariwisata di bakauheni, untuk itu kita harus bekerja maksimal, bekerja jujur, iklas demi rakyat Lampung berjaya,” Tutupnya.

Pada kesempatan yang sama, Direktur ASDP Ira Puspadewi mengatakan pembagunan terminal eksekutive di ASDP bakauheni telah mendapat respon dan jumlah pengunjung yang signifikan.

“Sejak ada teminal eksekutive di ASDP, banyak orang dalam dan luar daerah yang memilih naik kapal daripada naik pesawat. Jadi potensinya luarbisa, jika dilihat datanya saat ini angka kenaikannya dibanding tahun lalu mencapai 40% ini baru palembang dan bakauheni yang nyambung,” Ucapnya.

“Pada tahun 2024 pak presiden akan merencanakan dari banda aceh sampai banyuwangi akan di buat tol laut, jadi bisa dibanyangkan akan sangat ramai sekali di wilayah bakauheni,” Sambungnya.

Ira juga mengatakan, “Pada 25 juli kemarin, 3 menteri kita datang ke bakauheni untuk melihat langsung potensi-potensi wisata di bakauheni, dan alhamdulillah dengan waktu yang tidak begitu lama, Pak Presiden telah memutuskan bahwasannya bakauheni akan dibangun sebagai kawasan wisata baru,” Ujarnya.

“Di area bakauheni kurang lebih ada 200 hektar area yang akan di bangun pariwisata, diantara ada milik ASDP, HK, Provinsi dan milik tokoh masyarakat yang lain. Buat kami ini bukan sekedar bisnis, tetapi kami ASDP sebagai warga lampung selatan ingin melakukan sesuatu yang membawa kemanfaatan lebih besar lagi untuk masyarakat,” Tuturnya.

Sementara, Pjs. Bupati Sulpakar mengatakan untuk mendukung pembangunan sektor pariwisata terintegrasi di bakauheni pemkab lamsel akan melakukan revisi perda rencana tata ruang wilayah dan melakukan sosialisasi kepada masyarakat.

“Berkenaan dengan perkembangan pembangunan sektor pariwisata terintegrasi di lamsel. Pemerintah Daerah akan melakukan revisi perda rencana tata ruang wilayah lamsel, melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait rencana pembangunan kawasan pariwisata terintegrasi, melakukan pengendalian perizinan di kawasan tersebut dan meningkatkan kapasitas SDM kelompok sadar wisata dan UMKM,” Katanya.

“Mudah-mudahan kehadiran pak gubernur pada kesempatan ini, dapat menambah motivasi bagi kami dalam rangka melaksanakan pembangunan untuk masyarakat,” Tutup Sulpakar. (KMF)

Bagikan