Aroma Durian yang Tajam Bisa Bikin Orang Mabuk, Dari Mana Asalnya?

Aroma Durian 1

Jakarta – Aroma durian yang tajam disukai penggemarnya. Tapi bagi mereka yang tak suka, aroma durian justru bikin mabuk! Berikut fakta soal aroma durian.

Belum lama ini durian menjadi sorotan karena kejadian unik di Jerman. Paket durian yang ada di salah satu kantor pos Jerman membuat beberapa orang masuk rumah sakit dan orang-orang satu gedung diungsikan.

Awalnya mereka tidak tahu kalau paket tersebut berisi durian. Namun mereka alami mual. Barulah ketika dibuka terlihat paket berisi 4 buah durian Thailand yang dikirimkan seseorang dari Uremberg untuk seorang warga kota Bavarian Schweinfurt, Jerman.

Dampaknya, 12 karyawan kantor pos alami gangguan kesehatan. Enam diantaranya dilarikan ke rumah sakit. Satu gedung kantor pos dievakuasi, dengan total 60 karyawan ikut dipindahkan. “Sebanyak 12 karyawan kantor pos yang mengeluhkan mual harus dirawat,” ungkap polisi di Schweinfurt.

Padahal bagi penggemar durian, aroma durian justru menambah kenikmatan saat menyantapnya. Tapi sebenarnya dari mana asal-usul aroma durian?

World of Buzz (25/6) menulis, durian sebenarnya buah yang paling dekat kerabatnya dengan cokelat (cacao). Meski tampilan kedua buah ini tak mirip, namun Popular Science menulis keduanya punya urutan gen yang sama. Dapat dilihat kalau buah kakao dan durian sama-sama memiliki aroma kuat.

Yang menjadikannya berbeda adalah durian telah menggandakan seluruh urutan gen cacao, ditambah punyanya sendiri. Dengan set genom ekstra, durian akhirnya memiliki karakteristik aroma menyengat.

Durian bisa dibilang berbau busuk karena banyak gennya yang berfokus mengeluarkan bau. Bau atau aroma inilah yang menarik terutama untuk orangutan. Mereka akan memakan daging buah durian dan melempar bijinya.

Sekelompok ilmuwan dari German Research Center for Food Chemistry melakukan penelitian tentang durian. Mereka mendeteksi ada 50 senyawa, dan 4 diantaranya sama sekali tidak dikenal dalam ilmu pengetahuan.

Analisis mereka menunjukkan bahwa campuran bahan kimia menghasilkan bau buah. Tidak ada senyawa yang menghasilkan aroma pasti tetapi semuanya berpadu hasilkan berbagai aroma termasuk fruity, seperti keju, bawang putih, daging masak, gosong, sampai comberan!

Sebelumnya, penelitian dari Leibniz-Institute for Food Systems Biology di Technical University Munich, Jerman mengungkap senyawa yang membuat aroma durian menyengat. Berupa asam amino langka yang dikenal dengan sebutan etionin.

Dalam penjelasannya, para peneliti mengatakan bahwa ketika durian matang, aroma durian yang khas itu akan semakin kuat. Enzim dalam durian akan melepas bau dari asam amino sehingga aromanya keluar. Aromanya bahkan mengingatkan kita pada bawang busuk. (Dtk)

Share