Arsenal Juara Community Shield 2020

Aubameyang 11e7616

London, etalaseinfo.com – Arsenal berjumpa Liverpool pada laga Community Shield 2020, Sabtu (29/8/2020) malam WIB di Wembley. Laga berjalan seru di mana Arsenal akhirnya menang lewat babak adu penalti.

Arsenal unggul lebih dulu pada menit ke-13 dari gol sang kapten, Pierre-Emerick Aubameyang. The Reds lalu membalas lewat gol Takumi Minamino pada babak kedua. Skor imbang 1-1 bertahan hingga waktu normal usai.

Laga berlanjut ke babak adu penalti. Penyerang muda Liverpool, Rhian Brewster, menjadi satu-satunya yang gagal mencetak gol di babak adu penalti. Arsenal menang dengan skor 5-4 (6-5).

Mikel Arteta belum memainkan satu pun pemain baru di tim inti saat melawan Liverpool. Namun, ada wajah baru dengan hadirnya Mohamed Elneny di lini tengah. Pemain asal Mesir itu kembali dari masa peminjaman.

Liverpool tampil dengan tim terbaik kecuali Trent-Alexander Arnold dan Jordan Henderson yang masih cedera.

Liverpool memulai laga dengan mengambil inisiatif serangan. Sedangkan, Arsenal lebih banyak menunggu dan mengandalkan serangan balik. Virgil van Dijk punya peluang pada menit ke-6, tetapi offside.

Justru Arsenal yang mencetak gol lebih dulu. Pada menit ke-13, Pierre Emerick Aubameyang mencetak gol dari sepakan melengkung. Dia mendapat umpan dari Bukayo Saka dalam situasi serangan yang dibangun rapi dari bawah. Arsenal unggul 1-0.

Arsenal bisa saja unggul 2-0 pada menit ke-18 andai Alisson tidak membuat penyelamatan penting.

Liverpool kesulitan menembus tiga bek Arsenal. Sedangkan, duel seru terjadi antara Bukayo Saka dan Andy Robertson. Kedua pemain acap kali terlibat aksi saling melewati. Babak pertama berakhir 1-0 untuk Arsenal.

Liverpool lebih menekan di babak kedua. Kali ini, mereka juga mencoba dari sepakan jarak jauh untuk mengejar ketinggalan. Roberto Firmino hampir mencetak gol seperti Aubameyang pada menit ke-51.

Sadio Mane mendapat peluang bagus lima menit berselang, tetapi Emiliano Martinez yang dimainkan Mikel Arteta tampil bagus dan membuat gawang Arsenal tetap aman.

Jurgen Klopp memainkan Takumi Minamino dan Naby Keita pada menit ke-60. Liverpool tampil lebih agresif. Sementara, kubu Arsenal sangat disiplin menjaga lini pertahanan.

Takumi Minamino mencetak gol pada menit 73. Pemain asal Jepang itu melakukan kerja sama dengan Mohamed Salah dan membuat kemelut di depan gawang Arsenal. Skor menjadi imbang 1-1.

Kedua tim sama-sama mendapat peluang di sisa laga, tetapi tak ada yang menjadi gol. Laga berlanjut ke babak adu penalti.

Adu Penalti

Arsenal akhirnya menang pada babak adu penalti. Aubameyang yang menjadi penendang terakhir membuat The Gunners menang dengan skor 5-4 atas Liverpool. Rhian Brewster menjadi satu-satunya penendang Liverpool yang gagal.

Liverpool:

  • Mohamed Salah – Gol
  • Fabinho – Gol
  • Rhian Brewster – Gagal
  • Takumi Minamino – Gol
  • Curtis Jones – Gol

Arsenal:

  • Reiss Nelson – Gol
  • Maitland-Niles – Gol
  • Cedric Soares – Gol
  • David Luiz – Gol
  • Aubameyang – Gol

Susunan Pemain

Arsenal (3-4-3): Emi Martinez; Rob Holding, David Luiz, Kieran Tierney; Hector Bellerin, Mohamed Elneny, Granit Xhaka, Ainsley Maitland-Niles; Bukayo Saka, Eddie Nketiah, Pierre-Emerick Aubameyang.

Cadangan: Bernd Leno, William Saliba, Cedris Soares, Reiss Nelson, Joe Willock, Sead Kolasinac, Emile Smith Rowe, Tyreece John-Jules, James Olayinka.

Liverpool (4-3-3): Alisson; Neco Williams, Joe Gomez, Virgil van Dijk, Andrew Robertson; James Milner, Fabinho, Georginio Wijnaldum; Mohamed Salah, Roberto Firmino, Sadio Mane.

Cadangan: Adrian, Naby Keita, Marko Grujic, Curtis Jones, Takumi Minamino, Konstantinos Tsimikas, Rhian Brewster, Harvey Elliott, Billy Koumetio. (BN)

Share