Bacakan Sambutan Gubernur Lampung, Bupati Adipati Ajak Masyarakat Bajak Krisis Untuk Lakukan Lompatan Kemajuan

Whatsapp Image 2020 08 17 At 13.29.14 (1)

Way Kanan, etalaseinfo.com – Pemerintah Kabupaten Way Kanan menggelar Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih dalam Rangka Peringatan HUT RI Ke-75 Tingkat Kabupaten Way Kanan Tahun 2020 di Lapangan Korpri setempat, Senin (17/08/2020) yang dihadiri oleh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, Sekretaris Daerah Kabupaten Saipul, S.Sos.,M.IP, para Staf Ahli Bupati, para Asisten Sekda, Sekretaris DPRD, Instansi Vertikal, Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata, Kepala Dinas Perhubungan, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik serta Kepala Satuan Polisi Pamong Praja.

Bupati H. Raden Adipati Surya, S.H.,M.M selaku Inspektur Upacara dalam amanatnya membacakan Sambutan tertulis Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menyampaikan bahwa Perayaan Hari Kemerdekaan RI Tahun 2020 ini terasa berbeda, dimana momen bersejarah yang biasanya disambut penuh rasa bahagia itu kini terasa mengharu biru. Hal tersebut karena di Tahun ini Indonesia khususnya Provinsi Lampung sedang berjuang melawan Pandemi. Bencana ini membuat berbagai aktifitas nyaris berhenti, baik dibidang perekonomian maupun kehidupan bermasyarakat. Namun demikian, tidak lantas membuat kita semua berkecil hari dan patah semangat. Semua aktifitas yang biasa dilakukan dapat dijalankan walaupun dalam kondisi terbatas dengan adaptasi kebiasaan baru atau New Normal. Sebagaimana disampaikan Presiden Joko Widodo dalam Pidato Presiden Jokowi di Sidang Tahunan MPR 2020 bahwa inilah saatnya kita membenahi diri secara fundamental, melakukan transformasi besar, menjalankan stretegi besar dibidang ekonomi, hukum, pemerintahan, sosial dan kebudayaan termasuk kesehatan dan pendidikan.

”Ketika krisis kesehatan tersebut berdampak pada perekonomian Nasional, kita semua segenap massyarakat Lampung juga harus cepat bergerak, antara lain dengan memberikan bantuan sosial bagi masyarakat melalui bantuan sembako, bansos tunai, subsidi dan membantu UMKM untuk memperoleh restrukturisasi kredit, membantu pembelian produk-produk mereka dan membantu tenaga kerja yang menjadi korban PHK. Saya menyambut hangat seruan moral penuh kearifan dari para ulama, para pemmuka agama dan tokoh-tokoh budaya menjadikan momentum musibah Pandemi ini sebagai sebuah kebangkitan baru untuk melakukan sebuah lompatan besar. Krisis ini telah memaksa kita untuk menggeser channel cara kerja. Dari cara-cara biasa menjadi cara-cara luar biasa. Dari prosedur panjang dan berbelit menjasi smart short out dan dari orientasi prosedur menjadi orientasi hasil”, ujar Bupati Adipati.

Dalam sambutannya, Gubernur Lampung juga mengajak masyarakat Lampung untuk tidak menyia-nyiakan pelajaran yang diberikan oleh krisis serta jangan membiarkan krisis membuahkan kemunduran, tetapi justru momentum krisis tersebut dibajak untuk melakukan lompatan kemajuan. Dengan pola pikir dan etos kerja yang harus dirubah. Dimana fleksibilitas, kecepatan dan ketepatan sangat dibutuhkan. Dan efisiensi, kolaborasi dan penggunaan teknologi harus diprioritaskan serta kedisiplinan Nasional dan produktifitass Nasional harus ditingkatkan. Mengingat ha; tersebut sejalan dengan tema Pringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI Ke-75 Tahun 2020 yaitu ”Indonesia Maju” yang bermakna mendalam karena diyakini bahwa Indonesia Merdeka adalah suatu jembatan emas untuk mewujudkan semua harapan berbangsa dan bernegara. Dimana harapan tersebut hanya bisa dicapai dengan kerja nyata yang pada akhirnya mampu membuat kemajuan khususnya di masa pandemi saat ini.

“Untuk itu, kepada seluruh masyarakat Provinsi Lampung, saya mengajak “mari kita bersama-sama dan bekerja keras guna mensukseskan pembangunan di Provinsi Lampung, sesuai dengan bidang tugas dan keahlian yang kita miliki. Masih banyak langkah-langkah besar yang harus kita lakukan. Masih tersedia waktu 25 tahun lagi bagi kita untuk menyiapkan seabad Indonesia merdeka, untuk membangun Indonesia yang kita cita-citakan. Target kita saat ini bukan hanya lepas dari pandemi, bukan hanya keluar dari krisis. Langkah kita adalah melakukan lompatan besar memanfaatkan momentum krisis yang saat ini sedang terjadi. Menjadikan Provinsi Lampung Maju dan Berjaya sebagaimana yang kita cita-citakan. Dan tak lupa, saya menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada para dokter dan perawat, serta seluruh petugas di Rumah Sakit, di laboratorium, di klinik-klinik kesehatan, dan di rumah isolasi, kepada tokoh masyarakat, para relawan, awak media, aparat TNI dan Polri, para ASN  serta seluruh masyarakat Lampung”, tutup Bupati Adipati yang pada saat Mengheningkan Cipta meminta kepada selurub peserta upacara untuk mendo’akan para pahlawan khususnya Wakil Bupati Way Kanan DR. Drs. H. Edward Antony, M.M.

Diketahui, pada Upacara Peringatan HUT RE Ke-75 Tahun 2020 tersebut, Pemerintah Kabupaten  Way Kanan dalam hal ini Bupati Raden Adipati Surya memberikan apresiasi kepada Kepala Lapas Kelas II B Way Kanan sebagai Kepala Lapas atas Kegiatan Layanan Kejar Paket A, B dan C bagi Narapidana di dalam Lapas. Dimana selama menjalani pidana dapat menempuh pendidikan yang dapat dipergunakan setelah bebas nantinya. Selain kejar paket, Kepala Lapass juga telah mendirikan pesantren di dalam Lapas dalam Rangka meningkatkan Kualitas Sumber Daya Narapidana dan Memberantas Buta Aksara di dalam Lapas yang bekerjasama dengan Perjanjian Kerjasama antara Lapas Kelas II B Way Kanan dengan PKBM Flamboyan pada Kamis taggal 06 Februari 2020 lalu. (KMF)

Share