“Barcelona Beruntung Punya Marc-Andre Ter Stegen”

Barcelona, etalaseinfo.com – Ronald Koeman memuji Marc-Andre ter Stegen atas penyelamatan krusialnya dalam kemenangan 2-0 Barcelona melawan Elche, Minggu (24/1) malam WIB tadi, dengan menyebut klubnya “beruntung” memiliki kiper berkualitas seperti itu.

Raksasa Catalunya itu tengah memimpin 1-0 berkat gol Frenkie de Jong ketika Ter Stegen menggagalkan upaya Emiliano Rigoni di awal babak kedua.

Barca kemudian mengamankan poin penuh lewat gol dari Riqui Puig, namun Koeman justru mengalihkan pujiannya kepada sang kiper atas penyelamatan pentingnya di pertandingan.

“Mereka tidak memiliki banyak peluang – mereka hanya punya satu peluang dan itu berasal dari kesalahan besar pemain belakang kami,” kata Koeman usai bubaran.

“Namun Ter Stegen sangat bagus dalam situasi satu lawan satu. Untungnya, kami punya seorang kiper yang bagus, karena mereka bisa saja menyamakan kedudukan di kondisi itu.

“Secara pertahanan, terlepas dari kesalahan tersebut, kami tampil baik. Hal terbaik mengenai hari ini adalah pressing kami dan performa kami tanpa bola. Kami memang pantas menang.”

Hasil semalam membuat Barca kembali ke jalur kemenangan di menit normal, setelah sebelumnya kalah di final Piala Super Spanyol melawan Athletic Bilbao dan menang kontra Cornella di babak perpanjangan waktu di ajang Copa del Rey.

Koeman melanjutkan: “Saya sangat senang dengan bagaimana kami menang. Kami memiliki banyak pertandingan dalam beberapa hari terakhir dan kami tetap fokus.

“Kami tampil lebih baik ketimbang lawan kami. Kami sabar. Kami memenangkan penguasaan bola. Ini sulit untuk mencetak gol karena mereka menempatkan banyak pemain di belakang bola. Namun kami menekan dengan baik.”

Koeman juga senang dengan kontribusi De Jong, yang tidak selalu tampil bagus dalam balutan seragam Barcelona sejak kepindahannya dari Ajax dua tahun lalu.

Dengan Lionel Messi diskors, sedangkan Ousmane Dembele, Martin Braithwaite, dan Antoine Griezmann bermain di lini depan, Koeman ingin menyoroti pentingnya gol yang dicetak dari sumber lain.

“Tiga penyerang tidak cukup; kami membutuhkan gelandang untuk mencetak gol juga,” katanya. “Sangat bagus bahwa dia [De Jong] mencetak gol dan membuat assist. Dia membaik. Kami ingin sang gelandang masuk ke dalam kotak dan naik ke sana.”

Meski menang, Koeman mengecilkan prospek Barca untuk merebut gelar LaLiga. “Kami akan mencoba [untuk menantang gelar], tetapi Atletico [Madrid] masih kuat [di puncak],” tegasnya. (Goal)

Bagikan