Barcelona Krisis di Lini Pertahanan, Mungkinkah De Jong Disulap Jadi Bek?

Barcelona, etalaseinfo.com – Barcelona sempat dibuat deg-degan pada laga fase grup Liga Champions melawan Juventus, Kamis (29/10/2020) dinihari tadi. Mereka harus kehilangan seorang bek lantaran cedera, yaitu Ronald Araujo.

Klub raksasa Spanyol itu datang dalam kondisi yang pincang karena tidak bisa memainkan bek andalannya, Gerard Pique. Ia mendapatkan larangan bermain karena diganjar kartu merah pada laga sebelumnya melawan Ferencvaros.

Araujo ditarik keluar saat memasuki babak kedua, digantikan oleh Sergio Busquets. Ronald Koeman selaku pelatih terpaksa berimprovisasi dengan menaruh Frenkie De Jong menemani Clement Lenglet di jantung pertahanan.

Untungnya, Barcelona sanggup keluar sebagai pemenang pada laga yang berlangsung di markas Juventus tersebut. Mereka menang dengan skor 2-0 berkat gol dari Ousmane Dembele dan Lionel Messi.

Dengan cederanya Araujo, Barcelona kini hanya memiliki dua orang bek sentral saja. Pemain lainnya, Samuel Umtiti, belum bisa dimainkan karena masih menjalani sesi pemulihan akibat cedera.

Koeman cukup beruntung karena pada beberapa kesempatan, saat masih menukangi Timnas Belanda, ia pernah memainkan Frenkie De Jong sebagai bek. Jika sewaktu-waktu dibutuhkan, mantan pemain Ajax itu bisa dijadikan opsi darurat.

“Kami sudah tahu sejak awal musim bahwa kami terbatas di area bek sentral. Jika kami kehilangan seseorang, kami akan berada dalam masalah,” ujar Koeman seperti yang dikutip dari Marca.

“Frenkie De Jong pernah bermain di sana saat bersama Timnas Belanda [sebelumnya] dan dia bermain dengan sangat baik,” lanjut pria yang juga pernah menukangi Everton itu.

Pada kesempatan yang sama, Koeman juga berbicara soal pemain lainnya yakni Antoine Griezmann. Ia mengatakan bahwa pemain asal Prancis tersebut sedang dinaungi oleh ketidakberuntungan.

“Kami gagal membunuh permainan. Kami punya beberapa peluang bersih, namun Antoine Griezmann sedang tidak beruntung. Tembakannya seharusnya bisa menjadi lebih baik,” tambahnya.

“Selalu penting untuk menciptakan peluang. Kami bermain lebih superior, kami memiliki kedalaman dan satu orang yang bebas di tengah. Ini adalah hasil yang adil,” pungkasnya.

Setelah ini, Barcelona harus mengalihkan fokusnya ke ajang La Liga untuk menghadapi Deportivo Alaves di Mendizorroza Stadium. Pertandingan tersebut akan dilangsungkan pada Minggu (1/11/2020) dinihari. (BN)

Bagikan