Bawaslu Lamsel Temukan Puluhan Pelanggaran PPDP

Bawaslu Lamsel Temukan Puluhan Pelanggaran Ppdp

Kalianda – Bawaslu Lampung Selatan kembali merilis puluhan temuan dugaan pelanggaran yang dilakukan petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP) dalam melakukan pencocokan dan penelitian data pemilih pada Pilkada Lamsel 2020 periode 29 Juli-13 Agustus 2020. Temuan dugaan pelanggaran itu didominasi PPDP yang tidak cermat dalam pengisian form coklit.

Setidaknya ada 45 temuan yang tersebar di 17 kecamatan di Lamsel. Sedangkan, 11 temuan lainnya PPDP tidak menggunakan APD lengkap dan PPDP tidak mencoklit secara langsung. 

Koordiv Pengawasan dan Hubungan Antarlembaga Bawaslu Lamsel, Iwan Hidayat, mengatakan berdasarkan rekapitulasi dugaan pelanggaran hasil pengawasan Panwaslu kelurahan/desa (PKD) dan Panwaslu kecamatan selama periode 29 Juli-13 Agustus 2020, pihaknya mencatat 56 temuan PPDP yang diduga melakukan pelanggaran pada saat mencoklit. 

“Dugaan pelanggaran yang ditemukan jajaran pengawas tingkat kecamatan dan desa itu didominasi PPDP tidak cermat dalam pengisian¬†form¬†coklit dengan jumlah 45 temuan. Kemudian, disusul PPDP tidak patuh terhadap protokol kesehatan Covid-19 3 temuan dan tidak mencoklit secara langsung 8 temuan,” kata dia saat dihubungi, (dikutip dari lampost.co) Minggu 16 Agustus 2020.

Dari 56 temuan tersebut, kata Iwan, jajaran pengawas tingkat kecamatan telah menindaklanjuti dengan cara memberikan rekomendasi secara tertulis untuk 8 kasus dan rekomendasi secara lisan. 

“Jadi, semua temuan jajaran kami di kecamatan dan desa sudah ditindaklanjuti semua. Tindak lanjutnya ada dua, seperti rekomendasi tertulis dan lisan. PPDP, PPS, dan PPK wajib menindaklanjuti memperbaikinya karena tidak mencoklit sesuai ketentuan dan peraturan yang berlaku,” katanya. 

Sementara itu, Ketua Bawaslu Lamsel Hendra Fauzi mengatakan temuan dugaan pelanggaran tersebut merupakan salah satu bentuk pengawasan jajarannya di tingkat kecamatan dan desa dalam mengawasi proses coklit. Sehingga, hasil pencoklitan pada Pilkada Lamsel 2020 berkualitas. 

“Ini adalah bukti keseriusan kami dalam mengawasi proses pencoklitan sehingga menghasilkan coklit yang berkualitas dan semua pemilih yang memenuhi syarat dan bisa menggunakan hak suaranya pada Pilkada Lamsel 2020 mendatang,” kata dia. 


Rekapitulasi Total Temuan Coklit
1. Natar 3 Temuan
2. Jatiagung 0 Temuan
3. Tanjungbintang 2 Temuan
4. Tanjung Sari 3 Temuan
5. Katibung 2 Temuan
6. Merbau Mataram 1 Temuan
7. Way Sulan 3 Temuan
8. Candipuro 7 Temuan
9. Sidomulyo 6 Temuan
10. Way Panji 0 Temuan
11. Palas 0 Temuan
12. Kalianda 9 Temuan
13. Rajabasa 7 Temuan
14. Penengahan 3 Temuan
15. Sragi 6 Temuan
16. Ketapang 1 Temuan
17. Bakauheni 3 Temuan

Sumber: Bawaslu Lamsel

(LP)

Share