Belasan Warga Lampung Barat Masih Tunggu Hasil Swab

Belasan Warga Lambar Tunggu Hasil Swab

Kabid pencegahan dan pengendalian penyakit Dinas Kesehatan Lambar Ira Permatasari

Liwa – Sebanyak 14 warga Lampung Barat kontak erat dengan tujuh warga yang dinyatakan positif covid-19, telah menjalani tes swab. Saat ini, pihak dinas kesehatan masih menunggu hasil lab tes tersebut.

Ke-14 warga yang diswab itu merupakan tindak lanjut dari hasil tracing dan rapid test yang telah dilaksanakan pada Minggu, 13 September 2020. Kabid pencegahan dan pengendalian penyakit Dinas Kesehatan Lambar Ira Permatasari, mendampingi Kadis Kesehatan Lancar Paijo, mengatakan terkait adanya satu warga Pekon Tapaksiring (Sukau) yang dinyatakan positif Covid-19, maka pihaknya melakukan swab terhadap empat orang.

“Swab itu merupakan tindak lanjut dari hasil rapid test terhadap 11 orang. Dimana dua orang reaktif. Kemudian ada dua lagi yang kontak erat maka langsung diswab,” ujarnya.

Selain melakukan swab di Sukau, pihaknya juga melakukan rapid test terhadap 12 warga di Kelurahan Tugusari, Sumberjaya. Dari 12 yang telah dirapid itu, sebanyak 10 di antaranya dilanjutkan dengan swab.

“Jadi total yang diswab ada 14 orang dan hasilnya masih ditunggu,” kata dia.

Ia menjelaskan, satu warga Tapak Siring yang positif covid itu merupakan pedagang keliling pasar yaitu berdagang sayuran di wilayah OKU dan Krui. Kemudian untuk enam warga terdiri dua keluarga yang positif di Kelurahan Tugusari (Sumberjaya) merupakan klaster Ciamis dan Palembang.

“Ke-7 warga itu diketahui positif covid-19 setelah dilakukan rapid test massal terbatas oleh petugas Kesehatan dimana hasilnya reaktif lalu dilanjutkan swab dan hasilnya positif,” tambahnya.

Rapid test massal terbatas itu dilaksanakan bagi warga yang memiliki resiko tinggi terhadap penularan covid-19 seperti pekerja pada unit usaha berinteraksi dengan banyak orang. Kemudian pedagang keliling, dan warga yang habis berpergian. (LP)

Share