Bentuk Kerjasama Tri Angel, Pemkab Pesisir Barat Lakukan Kunker ke Lampung Barat

Lambar, etalaseinfo.com (SMSI) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pesisir Barat melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Lampung Barat (Lambar) dalam rangka kerjasama pengembangan potensi wilayah antara Lampung Barat dan Pesisir Barat, Kamis (8/4/2021).

Kunjungan Kerja (Kunker) rombongan dari Kabupaten Pesisir Barat itu dipimpin langsung Pj. Bupati Pesisir Barat Bambang Sumbogo SE. MM., dan disambut baik oleh Bupati Lampung Barat Hi. Parosil Mabsus di ruang rapat Pesagi Setdakab Lampung Barat.

Selaku Pj. Bupati Pesisir Barat, Bambang Sumbogo SE. MM., mengatakan Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) merupakan kabupaten baru yang merupakan anak atau pecahan dari Kabupaten Lambar dan berada di tengah-tengah antara Kabupaten Kaur Provinsi Bengkulu dan Kabupaten Tanggamus.

Dari hal tersebut, dalam kunjungannya itu Ia menuturkan banyak hal yang mesti dikoordinasikan, mulai dari masalah transportasi hingga pariwisata.

“Kabupaten Pesisir Barat merupakan anak dari Kabupaten Lampung Barat, selaku yang muda kami bersilaturrahmi ke Kabupaten Lampung Barat untuk banyak hal yang mesti dikoordinasikan, mulai dari masalah transportasi hingga pariwisata,” ungkapnya.

Ia menjelaskan Kabupaten Lambar merupakan kabupaten tetangga dari Kabupaten Pesbar, sehingga Ia berharap jika terjadi suatu permasalahan, itu tak terlepas dari bantuan kabupaten tetangganya.

“Jika terjadi emergensi jalan putus, longsor atau banjir, otomatis kabupaten sekitarlah yang membantu terkait pengalihan arus lalu lintas,” tuturnya.

Dengan pertemuan tersebut, Pj. Bupati Pesbar mengharapkan pertemuan itu dapat menjalin kerjasama dalam meningkatkan komunikasi. Ia mengutarakan bahwa antara Kabupaten Pesbar dan Lambar banyak hal yang menarik terkait transportasi dan wisata yang mesti dikembangkan. Ia menjelaskan Kabupaten Pesisir Barat yang bersebelahan langsung dengan Kabupaten Kaur Provinsi Bengkulu itu banyak terdapat potensi wisatanya, termasuk tempat surving dan lokasi wisatanya banyak pengunjung turis dari mancanegara.

Sehingga Ia mengharapkan akan adanya kerjasama antara Kabupaten Pesiair Barat, Kabupaten Kaur dan Kabupaten Lampung Barat dengan istilah kerjasama Tri Angel.

“Disamping itu, turis yang ada di Krui bisa disinggahkan di Kabupaten Kaur yang juga banyak wisatanya, dan juga bisa disinggahkan di Kabuapten Lampung Barat ke Danau Ranau dan ke tempat wisata lainnya. Jadi kerjasama wilayah Kabupaten Pesisir Barat, Kaur dan Lampung Barat (Tri Angel) ini dapat berjalan,” jelasnya.

Ia mengungkapkan, jika kerjasama Tri Angel itu dapat terwujud, Bus Damri yang saat ini baru beroperasi lintas Liwa Lampung Barat hingga Bengkunat Pesisir Barat dapat ditingkatkan menjamah hingga ke Kabupaten Kaur Provinsi Bengkulu, sehingga pelayanan domestik dapat berjalan.

“Mudah-mudahan kerjasama ini dapat segera terwujud. Kalau kerjasama ini terwujud, Bus Damri yang saat ini baru beroperasi lintas Liwa Lampung Barat hingga Bengkunat Pesisir Barat dapat ditingkatkan menjamah hingga ke Kabupaten Kaur Provinsi Bengkulu. Sehingga pelayanan domestik akan bagus, dan kerjasama Tri Angel ini benar-Benar terwujud,” pungkasnya.

Sementara itu Bupati Lampung Barat Hi. Parosil Mabsus yang didampingi Sekretarisnya, Akmal Abd Nasir SH dan sejumlah perangkat daerah setempat, Ia mengucapkan selamat datang kepada rombongan dari kabupaten tetangganya itu, Pesisir Barat.

“Selamat datang kepada rombongan yang Alhamdulillah sudah memiliki agenda khusus melakukan kunjungan kerja di kabupaten tetangga,” Ungkapnya. Menurutnya, kunjungan itu sebagai langkah dalam proses maju kedepan.

“Ini sebuah bentuk langkah dalam proses maju kedepan, tak ada daerah yang maju tanpa penopang/bantuan dari tetangganya,” tuturnya.
Selaku Ibu dari Kabupaten Pesisir Barat, Parosil menjelaskan Lampung Barat sedikit banyak sudah mengerti dan paham mengenai masalah dan potensi yang dimiliki Kabupaten Pesisir Barat.

“Banyak potensi mutiara terpendam di Pesisir Barat, berkat optimisme bersama sekarang mulai terangkat,” jelasnya. Ia mengharapkan pertemuan itu dapat menginspirasi kedua belah pihak dalam meningkatkan kesejahteraan dan menuju Lampung Berjaya.

“Semoga dengan pertemuan ini, ada inspirasi tersendiri dari kedua belah pihak yang menuju satu jalan dan tujuan, yaitu menuju Lampung Berjaya. Karena konteksnya bukan hanya kabupaten, tetapi provinsi,” pungkasnya.

Mengakhiri sambutannya, Bupati Lampung Barat Hi.Parosil Mabsus yang biasa disebut (Bupati Kopi) itu, Ia mengharapkan kepada jajaran Pemkab Lambar maupun Pesisir Barat dapat segera mengkaji dan membuat Memorandum of Understanding (MoU) diantara kedua belah pihak terkait kerjasama tersebut.

“Diharapkan kepada jajaran Pemkab Lambar maupun Pesisir Barat dapat segera mengkaji dan membuat MOU kerjasama ini,” tutupnya.

Pada kesempatan tersebut, dilakukan penyerahan cinderamata berupa pelakat antara Kabupaten Lampung Barat dan Pesisir Barat.(Kmf-Kub)

Bagikan