Berkas Persyaratan 2 Bakal Pasangan Calon Pilkada Lamsel Lengkap

Berkas Persyaratan 2 Bakal Pasangan Calon Pilkada Lamsel Lengkap

KPU Lampung Selatan saat memberikan berita acara kelengkapan berkas kepada bakal pasangan calon bupati Lamsel Hipni di KPU setempat, Jumat malam, 4 September 2020

Kalianda – Setelah melalui proses verifikasi awal, KPU Lampung Selatan akhirnya menyatakan dua pasangan bakal calon yang mendaftar sebagai calon bupati dan wakil bupati Lampung Selatan pada hari pertama dinyatakan lengkap, Jumat malam,  4 September 2020. Kedua bakal pasangan calon tersebut, yakni Nanang Ermanto-Pandu Kesuma Dewangsa yang diusung PDIP, Partai Hanura, Partai Nasdem, dan Perindo serta bakal pasangan calon Hipni-Melin Haryani Wijaya yang diusung PAN, Gerindra, dan PKB.

Hal tersebut diungkapkan Komisioner KPU Lamsel, Mislamudin saat ditemui di KPU setempat, Jumat malam, 4 September 2020. Dia mengatakan saat ini setelah pemeriksaan berkas kedua bakal pasangan calon dinyatakan lengkap. 

“Lengkap, ini artinya setelah kami periksa, semua berkas persyaratan bakal calon ada semua dan kita sudah berikan berita acaranya. Yang jelas, kita tadi hanya memeriksa ada atau tidaknya berkas persyaratan bakal pasangan calon,” katanya. 

Menurut dia, setelah pendaftaran ini pihaknya akan memverifikasi berkas persyaratan 6-12 September 2020. Kemudian pemberitahuan hasil verifikasi pada 13-14 September 2020 dan perbaikan pada 14-16 September 2020.

“Pada 6 September 2020 bakal pasangan calon melakukan tes kejiwaan di rumah sakit jiwa. Nanti kalau ada yang kekurangan bisa diperbaiki pada 14-16 September nanti,” ujarnya.

Sebelumnya, kata Mislamudin, ada beberapa berkas persyaratan belum dimiliki salah satu pasangan bakal calon, seperti bakal calon wakil bupati Pandu Kesuma Dewangsa belum memiliki hasil pemeriksaan real time polymerase chain reachtion (RT-PCR). 

“Sama halnya dengan bakal calon bupati Hipni tadinya belum ada. Tapi, setelah kami tunggu hingga sore hari, kedua berkas sudah lengkap semua. Hasil pemeriksaan RT-PCR ini syarat juga sesuai PKPU Nomor 10/2020 tentang Perubahan atas PKPU Nomor 6/2020,” ujarnya.

Sementara itu, LO pasangan calon Hipni-Melin, Budi Setiawan, mengatakan setelah melalui tahapan pemeriksaan oleh seluruh komisioner KPU Lamsel, akhirnya berkas pendaftaran diterima dan dinyatakan lengkap.

“Alhamdulillah setelah KPU melakukan penelitian terhadap dokumen persyaratan, pasangan Hipni-Melin dinyatakan lengkap,” kata dia.  (LP)

Share