BNN Gandeng Tim Siber Polda untuk Ungkap Jaringan Narkoba Online

Bnn Gandeng Tim Siber Polda Ungkap Jaringan Narkoba Online

Kepala BNNP Lampung Brigjen Pol I Wayan Sukawinaya. 

Bandar Lampung – Untuk mengungkap peredaran narkotika yang dilakukan para bandar besar secara online atau dalam jaringan (daring) yang banyak terjadi belakangan ini Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Lampung akan berkordinasi dengan tim Siber Polda Lampung. Hal ini dilakukan lantaran BNNP memiliki keterbatasan monitoring dunia maya.

“Karena tingkat keterbatasan monitoring kita di dunia maya kurang, kita bekerja sama dengan tim Polda. Polda Lampung punya tim Siber tersebut untuk melakukan pemantauan di dunia maya,” kata Kepala BNNP Lampung Brigjen Pol I Wayan Sukawinaya, Rabu, 9 September 2020.

Dalam pengungkapan kasus besar kata I Wayan, pihaknya beberapa kali melakukan pemeriksaan dalam hal pengiriman barang terlarang tersebut. “Beberapa kasus telah kita ungkap pengiriman melalui ekspedisi baik itu dari TIKI, JNE, dan ada kargo terakhir kan Indah Kargo yang kita ungkap,” kata dia.

Dia mengatakan monitor ke jasa-jasa pengiriman akan terus dilakukan. Namun, untuk pemesan memang pihaknya mengakui ada keterbatasan dalam jaringan Siber untuk itu tim Siber Polda dilakukan kerja sama. Menurutnya, hubungan kerja sama yang baik dengan jasa pengiriman selama ini salah satu keberhasilan dalam ungkap kasus yang terjadi. 

“Karena selama ini hubungan kita baik dengan mereka (jasa pengiriman) jadi sering diinformasikan kepada kita kalau ada pengiriman barang yang diduga barang terlarang. Monitor dengan jasa-jasa pengiriman terus dilakukan sampai saat ini,” katanya. (LP)

Share