Bukan Lagi Amplop, Logo Gmail Kini ‘Semakin Google’

Jakarta – Google mengubah logo ikonik Gmail yang berbentuk amplop dengan huruf M di dalamnya menjadi logo yang ‘semakin Google’.

Logo baru Gmail ini berbentuk huruf M dengan berbagai warna, yaitu biru, merah, kuning, dan hijau. Keempat warna itu merupakan warna inti dari logo Google, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Rabu (7/10/2020).

Logo baru Gmail ini membuatnya menjadi sejalan dengan sejumlah ‘saudaranya’ seperti Maps, Photos, Chrome, dan sejumlah produk lainnya. Semua logo produk Google ini menggunakan desain yang senada, yaitu menggunakan warna inti Google.

Dilansir Fast Company, Google sebenarnya sempat mempertimbangkan untuk tak menggunakan logo berbentuk huruf M atau juga menghilangkan warna merah khas Gmail.

Namun dalam sebuah penelitian, sejumlah pengguna tak menyukai perubahan ini. Namun penelitian tersebut juga membuat Google menyadari bahwa amplop pada logo Gmail sebelumnya bukanlah lah elemen desain penting, yang membuat mereka bisa bereksperimen dengan huruf M dan menggunakan warna inti Google.

Google tak cuma mengubah logo Gmail, melainkan juga mengubah logo Calendar, Docs, Meet, dan Sheet, yang menjadi senada dengan logo Gmail.

Perubahan logo ini adalah bagian dari perombakan software G Suite milik Google, yang kini berubah nama menjadi Google Workspace. Google tengah menjajal untuk menggabungkan Gmail, Chat, dan Docs menjadi satu bagian.

Tujuannya adalah agar bisa bersaing dengan platform sejenis milik Microsoft, yaitu Microsoft Office dan utamanya adalah software email Outlook.

Google pun melakukan sedikit perubahan tarif untuk Google Workspace, yaitu dengan menambahkan tingkatan ‘Business Plus’ yang mempunyai fitur manajemen perangkat lebih lengkap.

(Dtk)

Bagikan