Bupati Parosil Mabsus: Lampung Barat di Juluki Surga Yang Tersembunyi

Lampung Barat, etalaseinfo.com (SMSI) – Dihadapan Inspektur Jendral Polisi (Irjen Pol) Ike Edwin Bupati Lampung Barat (Lambar) Hi. Parosil Mabsus mengemukakan bahwa Lampung Barat dijuluki sebagai surga yang tersembunyi atas potensi wisata yang dimiliki. Hal tersebut disampaikan Pak Cik (Sapaan akrab bagi Bupati Lampung Barat itu) pada saat menerima kunjungan mantan Kapolda Lampung tahun 2016 itu ke Lampung Barat. Senin, (7/6/2021).

Nuansa keindahan alam seperti pegunungan dan perbukitan serta sejumlah danau yang dimiliki Lampung Barat yang dikombinasi dengan wisata budaya membuat daerah terujung provinsi Lampung itu memiliki paket wista komplit sehingga tidak jarang wisatawan yang berkunjung kerap menjuluki Lampung Barat sebagai surga yang tersembunyi.

Lebih lanjut Bupati Parosil mengatakan, Lampung Barat memiliki potensi wisata kawah nirwana yang berada di kecamatan Suoh yang merupakan satu-satunya di Indonesia yang menyerupai Yellowstone yang berada di Amerika Serikat.

“Kawah nirwana yang ada di danau keramikan itu bukan hanya kebanggaan bagi Lampung Barat melainkan juga kebanggaan Indonesia karna Cuma ada dua di dunia, satu di Amirika Yelow Stone satu lagi di Lampung Barat kawah nirwana,” terang Parosil dihadapan Dang Ike (Sapaan bagi Ike Edwin).

Parosil Mabsus yang juga dikenal dengan sebutan Bupati Kopi itu, juga memapaparkan sejumlah pariwisata unggulan yang dimiliki Kabupaten Lambar, diantaranya Kebun Raya Liwa (KRL), Danau Ranau yang ada di Kecamatan Lumbok Seminung, Danau Asam, Belibis, Keramikan yang ada di Suoh, Wisata arung jeram di Sumber jaya. Wisata Gerdai, yang ada di Negeri Ratu, Temiangan Hil di Gedung Surian , cagar budaya megalitik yang berada di Kebun Tebu serta wisata budaya kerajaan yang masih terpelihara dengan baik tersebar di sejumlah kecamatan Kabupaten Lambar.

Lebih lanjut mantan Anggota DPRD Lampung Barat Tiga Periode itu mengatakan, sebagai upaya Pemerintah Daerah dalam meningkatkan kunjungan wisatawan ke Lampung Barat, pihaknya juga melakukan berbagai macam upaya diantaranya Festival Budaya, Festival Bumi Skala Brak, Festival Kebangsaan termasuk juga Festival Kopi.

Sementara Ike Edwin menyampaikan apresiasi dan rasa bangga atas capaian dan kemajuan Lampung Barat yang dipandang nya cukup berkembang dan mengalami kemajuan yang cukup pesat. “Lampung Barat ini merupakan kampung halaman saya, dan saya bangga atas perkembangan dan kemajuan Lampung Barat saat ini, selain memiliki obyek wisata yang lengkap juga ditujang oleh inprastruktur yang bagus, dari Bandar Lampung sampai Liwa jalan nya sudah mulus, ,” ujar Ike Edwin.

Bahkan lanjut Dang Ike Lampung Barat kedepan merupakan cikal bakalnya Bandungnya Lampung, kalau melihat nuansa dan iklim Lampung Barat, ini sama seperti Bandung, udaranya sejuk alam nya indah.

“Saya berkeyakinan dimasa depan Lampung Barat akan lebih maju dan berkembang lagi terlebih kata Ike Edwin Lampung Barat dipimpin oleh seorang anak petani “Pak Bupati ini merupakan putra daerah asli, anak petani yang mengerti dan memahami betul kondisi masyrakat nya, jadi tidak heran jika Lampung Barat berkembang maju cukup pesat dibawah kepemimpinanya,” terang Ike Edwin. (yakub)

Bagikan