Cara Menghindari Virus Corona, Pilih Makanan Bergizi dan Cuci Tangan

Jakarta – Pandemi COVID-19 yang masih berlanjut mengharuskan masyarakat patuh protokol kesehatan dan menjalankan pola hidup sehat. Keduanya terbukti efektif sebagai cara menghindari virus Corona.

Salah satu bentuk pola hidup sehat adalah memilih makanan yang sehat dan bergizi. Dikutip dari The Gourmet Journal, pola makan yang sehat dan bergizi adalah kunci tetap sehat.

“Hingga saat ini memang belum riset yang menyatakan pola makan terbaik melawan COVID-19. Namun ada makanan tertentu yang bisa memperbaiki kesehatan dan daya tahan tubuh. Makanan inilah yang menjadi salah satu cara menghindari virus Corona,” tulis The Gourmet Journal.

Rekomendasi makanan sebagai cara menghindari virus Corona, memang tidak akan menyembuhkan atau mengurangi risiko tertular COVID-19. Namun makanan yang sehat dan baik akan membantu meningkatkan daya tahan tubuh melawan dan menghindari virus Corona serta penyakit lain.

Selain makanan yang harus dikonsumsi, ada juga hidangan yang harus dihindari untuk meningkatkan efektivitas cara menghindari virus Corona. Berikut penjelasannya,

Cara menghindari virus Corona

A. Makanan yang sebaiknya dikonsumsi setiap hari adalah:

1. Makanan anti radang

Radang atau inflamasi ada reaksi alami tubuh pada virus atau infeksi, yang bisa sangat berbahaya bila terjadi kronis. Makanan anti radang bisa memperkuat sistem imun dan mengurangi inflamasi. Jenis makanan ini adalah bawang bombay, kunyit, beri, dan kubis (kale).

2. Probiotik

Probiotik adalah bakteri baik yang meningkatkan dan memperkuat sistem imun tubuh. Kandungan probiotik banyak terdapat pada makanan hasil fermentasi misal yogurt, kefir, sauerkraut, miso, dan kombucha. Makanan ini juga mampu memperbaiki masalah pencernaan.

3. Vitamin

Konsumsi berbagai jenis makanan yang mengandung vitamin terbukti efektif sebagai cara menghindari virus Corona. Vitamin A dalam wortel, ubi, bayam, dan brokoli, dan bell peppers membantu menjaga fungsi dan kesehatan sistem pernapasan.

Kandungan vitamin C dalam semua jenis buah jeruk, strawberry, dan kiwi mampu merangsang pembentukan antibodi. Sedangkan vitamin E bekerja sebagai antioksidan yang terdapat dalam kacang, biji-bijian, dan alpukat.

B. Makanan yang sebaiknya dihindari setiap hari adalah:

1. Garam

Konsumsi garam sebetulnya tidak berefek buruk asal secukupnya, yaitu kurang dari lima gram per hari sesuai anjuran WHO. Konsumsi garam berlebihan merangsang terjadinya radang di pembuluh darah, yang bisa berakibat buruk jika ada infeksi virus.

2. Gula

Sama dengan garam, konsumsi gula tidak berdampak buruk asal secukupnya. Menekan konsumsi gula mampu menurunkan risiko terjadinya radang. Riset American Journal of Clinical Nutrition menyatakan, gula olahan dapat meningkatkan sekresi sitokin dan menyebabkan radang.

3. Lemak

Kandung lemak terdapat hampir di seluruh makanan dengan jumlah yang tidak sama. Konsumsi lemak yang berdampak buruk untuk tubuh adalah lemak jenuh dan trans fat. Lemak jenuh jangan dikonsumsi lebih dari 10 persen dalam asupan kalori per hari. Untuk lemak sehat yang baik untuk tubuh bisa diperoleh dari telur, ikan, kacang-kacangan, dan alpukat.

Protokol kesehatan tentunya tak bisa diabaikan sebagai cara menghindari virus Corona. Berikut protokol kesehatan yang harus dilakukan adalah:

  • Rajin cuci tangan
  • Menggunakan masker
  • Menerapkan jaga jarak

Cara menghindari virus Corona ternyata simpel dan efektif, asal disiplin mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi serta menerapkan protokol kesehatan. (Dtk)

Bagikan