Cegah Corona, 7 Bagian Dapur Ini Harus Dibersihkan Setiap Hari

Ee7d507e 3e3c 4288 A92b 53fecfd8930b 43

Jakarta – Di masa pandemi corona dapur menjadi bagian terpenting dalam rumah. Dapur juga bisa jadi sumber penyakit karenanya 7 bagian ini harus dibersihkan tiap hari.

Ketika semua anggota keluarga ada di rumah sepanjang hari karena WHF, dapur menjadi area paling penting. Nyaris tak ada henti makanan keluarga diproduksi sehari 3 hingga 4 kali. Karena menjadi ‘jantung’ rumah maka dapur harus benar-benar aman dari virus corona.

Jangan sepelekan bagian dapur yang tak kelihatan juga yang paling sering dipakai. Kini setiap hari tiap sudut dapur harus dibersihkan dan diakhiri dengan penyemprotan dengan larutan disinfektan.

Hal sepela lain seperti sabut pencuci piring, serbet dan tong sampah menjadi hal penting diperhatikan. Karena benda tersebut juga bisa menjadi sarang kuman dan tempat singgah virus corona.

Tak boleh dilewatkan, 7 bagian penting di dapur ini harus dibersihkan setiap hari.

1. Area di Bawah Kitchen Sink

Karena tak terlihat, bagian bawah tempat cucian di dapur atau kitchen zink sering terlewat. Padahal bagian ini merupakan bagian paling jorok. Karena ada pipa, ventilasi dan wadah penampung air. Area ini juga lembap karenanya kecoa dan serangga lain sering bersarang di area ini.

Karenanya bagian ini harus sering dicek, dibersihkan agar tak jadi kotor dan sarang serangga. Setelah dicuci atau dilap bersih, semprot dengan larutan disinfektan. Lakukan sebagai kegiatan rutin setiap hari sebelum memakai dapur.

2. Meja dapur

Meja dapur biasanya menyatu dan menjadi bagian dari kitchen set. Area ini paling sering dipakai untuk menyiapkan bahan-bahan masakan hingga menaruh makanan yang sudah matang.

Meski sudah dilap setiap hari seringkali ceceran makanan berjamur terutama di celah-celah sambungan kayu/ubin/marmer. Setelah dipakai, segera lap hingga bersih. Ulangi dengan larutan disinfektan. Jika tak ada bisa memakai larutan soda kue dan cuka untuk mengusir serangga.

3. Permukaan kompor

Kompor yang standing atau protable atau tanam harus dibersihkan tiap hari, setelah selesai memasak. Permukaan kompor gas ini merupakan bagian yang paling kotor. Minyak dan remahan makanan biasanya tercecer di atasnya.

Tak jarang remahan kecil atau sisa bumbu menyelip di sela-sela dan berjamur. Pertama, lap permukaan kompor dengan lap yang dicelup air hangat. Gosok hingga semua kerak makanan dan minyak larut. Ulangi dengan lap yang dicelup larutan sabun. Terakhir semprot dengan larutan disinfektan dan lap hingga kering.

Jangan lupa cuci bersih tungku yang bisa dilepas dengan larutan sabun hangat, sikat hingga remah-remah makanan dan lemak bersih. Cuci bersih dan lap hingga kering kemudian pasang kembali ke atas tatakan tungku.

4. Bak cucian

Bak cucian atau wastafel merupakan tempat untuk mencuci sayuran dan juga kadang alat makan dan alat masak. Semua remahan bahan makanan dan kotoran menempel atau terselip di area ini. Tempat ini juga disukai kecoa dan serangga untuk sembunyi.

Setelah selesai memasak, selalu bersihkan bak ini paling akhir. Angkat semua kotoran dari saringan. Gosok dengan sikat gigi bekas di celah-celahnya termasuk pada tombol kran. Terakhir semprot dengan larutan disinfektan.

5. Serbet dapur

Serbet dapur paling sering dipakai dan disentuh di dapur, sekaligus paling jorok di dapur. Semua sisa makanan dan cairan menempel dan menyerap dalam serbet. Karenanya serbet dapur harus dicuci dan diganti setiap hari.

Cara mencuci yang paling bagus adalah dengan larutan disinfektan yang hangat. Setelah itu jemur di bawah sinar matahari hingga benar-benar kering. Sediakan serbet yang berbeda, untuk mengelap alat makan dan untuk membersihkan alat dapur.

6. Oven dan microwave

Oven listrik, oven gas dan microwave umumnya dimiliki tiap rumahtangga. Meskipun tak setiap hari dipakai, oven wajib dibersihkan. Karena benda ini diam-diam bisa membuat Anda tak sehat.

Karena sedikit lembap bagian dalam oven seringkali ditumbuhi bakteri dan jamur. Untuk oven microwave, taruh satu mangkuk air dan seiiris jeruk nipis lalu panaskan. Matikan oven dan gunakan airnya untuk membfelap bagian dalam dan luar oven hingga bersih dan kering. Lebih baik lagi jika disemprot dengan larutan disinfektan.

Untuk oven gas dan listrik bisa dilakukan dengan mengelap bagian dalam, termasuk loyang dan raknya dengan air sabun hangat. Keringkan dan pasang kembali.

7. Lantai dan tong sampah

Seusai memasak atau berkegiatan di dapur jangan lupa selalu sapu lantai dapur dan pel hingga bersih. Segala remahan makanan dan kotoran selalu terjatuh di lantai, di sudut kompor dan meja dapur. Jangan lupa bersihkan sudut-sudutnya saat menyapu.

Selain lantai, tong sampah di dapur juga selalu dipenuhi dengan sampah basah dan kering dari bahan makanan. Seusai memasak, angkat dan buang kotoran di tong sampah dapur. Lapisi tong sampah dengan plastik atau kantong kertas. Jika perlu cuci tong sampai hingga besih dan keringkan. Setelah dikembalikan ke dapur jangan lupa semprot dengan larutan disinfektan. (Dtk)

Share