Cegah Stunting Di Lampung Timur, GGF Kembali Luncurkan Program “Great Indonesia”

Img20200910103046

Deklarasi dan penandatanganan komitmen  antarpihak dalam upaya pencegahan isu stunting serta peluncuran program Great Indonesia dari Great Giant Foods (GGF).

Sukadana – Stunting adalah salah satu permasalahan malnutrisi yang terjadi di Indonesia, sehingga menyebabkan adanya keterlambatan tumbuh pada anak yang diakibatkan oleh kekurangan gizi kronis pada 1.000 HPK (Hari Pertama Kehidupan). 

Berdasarkan data Riskesdas (Riset Kesehatan Dasar) pada tahun 2013 menunjukkan bahwa Kabupaten Lampung Timur memiliki angka kasus kejadian stunting sebesar 40 ribu balita. 

Hal ini kemudian menjadikan Lampung Timur masuk ke dalam kabupaten/kota prioritas penanganan stunting nasional oleh TNP2K (Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan). 

Bertempat di  Lapangan Merdeka, Desa Jaya Asri, Kecamatan Metro Kibang, Kabupaten Lampung Timur, Kamis (10/9), diadakan deklarasi dan penandatanganan komitmen antarpihak dalam upaya pencegahan isu stunting serta peluncuran program Great Indonesia dari Great Giant Foods (GGF). 

Bupati Lampung Timur  Zaiful Bokhari, pada kesempatan tersebut mengapresiasi inisiatif GGF untuk peduli terhadap isu stunting di Lampung Timur. 

Ia mengharapkan apa yang dilakukan GGF menjadi motivasi bagi pihak-pihak lain yang ingin bekerja sama untuk mengentaskan stunting. 

Ia menyatakan terima kasihnya kepada GGF yang telah membuktikan kepedulian perusahaan terhadap warganya.  ke depan pihaknya akan mendikusikan dengan perusahaan lain agar membantu dan peduli. 

“Jika isu stunting ini dikeroyok beramai-ramai saya optimistis tahun 2022 tak ada lagi kasus stunting di Lampung Timur, ” jelasnya. 

Sementara itu Senior Manager Sustainability GGF Arief Fatullah  mengatakan GGF sebagai sebuah brand entity yang memproduksi kluster makanan berupa buah-buahan berkualitas juga memproduksi makanan tinggi protein seperti daging dan susu, kembali meluncurkan program yang bernama Great Indonesia demi menjawab semua permasalahan malnutrisi yang terjadi di masyarakat. 

“Melalui Great Indonesia perusahaan berkomitmen untuk menutrisi masyarakat melalui produk yang dihasilkan,” jelasnya. 

Program ini adalah program kolaborasi antara perusahaan dengan pemerintah dan nasyarakat. 

Ia mengharapkan dari adanya keterpaduan program ini kemudian dapat menyelesaikan permasalahan stunting yang terjadi di masyarakat.

Program Great Indonesia ini merupakan kelanjutan dari Program Great Indonesia yang telah dilaksanakan GGF pada tahun 2019 di beberapa daaerah di Kabupaten Lampung Tengah. 

“Pada program yang telah dilaksanakan tahun 2019 telah dicapai kesuksesan,” tambahnya. 

Nanda Syahpradana selaku kordinator porgram Health Life Campaign GGF menjelaskan bahwa tahun sebelumnya kita sukses menurunkan prevalency stunting sebesar 18 persen. 

“Kalau di dalam program sendiri kita bisa menaikkan rata-rata tinggi badan anak 3 cm per triwulan dan sebelumnya juga sudah berhasil mengajak lebih dari 100 rumah di Lampung Tengah untuk punya kebun pekarangan rumah,” ujarnya. 

Harapannya untuk kegiatan di Lampung Timur ini dapat memenuhi keberhasilan yang lebih lagi dari sebelumnya untuk bisa bekerja bersama-sama dari semua pihak yang terlibat.  (Ant)

Share