Chelsea Dapatkan Mantan Pemain Akademi Barcelona Xavier Mbuyamba

Xavier Mbuyamba Chelsea Gfx 1jz5811pxplcc1mchrknzajy21

London, etalaseinfo.com – Klub Liga Primer Inggris Chelsea berhasil memenangkan perburuan bek bertalenta bebas agen Xavier Mbuyamba, yang belum lama ini mencapai kesepakatan untuk dilepas Barcelona.

Bakat berusia 18 tahun itu meneken kontrak hingga Juni 2023 dan sudah dipantau oleh klub London barat itu sejak ia mencatatkan debut di MVV Maastricht di divisi dua Belanda saat usianya masih 16.

Sayangnya, The Blues sempat melewatkan transfernya pada musim panas lalu karena terganjal embargo, namun sang youngster kemudian dilepas oleh Barca lantaran ketidakmampuan klub Catalunya itu untuk memenuhi janji ketika merekrutnya.

Mbuyamba menikmati musim yang bagus di tim U-19 Barcelona pada gelaran kemarin dan berharap untuk naik ke tim Barcelona B, namun jalannya itu terhalang karena keributan yang ada di eksekutif La Masia.

Dia lantas minta dilepas meski direktur akademi dan kompatriotnya yakni Patrick Kluivert sudah berusaha keras ketika mendatangkannya.

Juventus sempat melayangkan tawaran untuk Mbuyamba, tapi ada kekhawatiran soal persaingan dari bek muda lain, sementara si pemain ingin menjajal liga Inggris.

Frank Lampard selaku manajer Chelsea memberi debut kepada delapan pemain akademi di musim lalu, dan itu menjadi rekor baru untuk klub, melewati tujuh debutan di era Ken Shellito dan Danny Blanchflower pada musim 1978/79.

Sementara itu, Mbuyamba nanti akan membicarakan soal potensi peminjaman jika dirasa perlu, dengan Vitesse menjadi kandidat pasti mengingat mereka punya kerja sama dengan klub penghuni Stamford Bridge tersebut.

Karena kewarganegaraan dan ukuran tubuhnya, Mbuyamba kerap dibandingkan dengan Virgil van Dijk dan dia sama-sama piawai bermain di posisi bek sentral maupun bek kanan.

Chelsea sendiri telah menginvestasikan banyak uang di tim muda pada musim panas ini dan belum lama ini mengumumkan daftar pemain yang masuk kategori scholarship.

Jelang musim baru, Edin Andersson merapat dari IFK Gothenberg, Jimi Tauriainen dari Helingin Jalkapalloklubi dan Bryna Fiabema dari Tromso.

Meski begitu, The Blues merelakan pemain berbakatnya pergi seperti Samuel Illing Junior, yang sebentar lagi akan diumumkan sebagai pemain Juventus. (Goal)

Share