Dampak PSBB Jakarta, Jumlah Penumpang di Terminal Rajabasa Turun 20%

Jumlah Penumpang Di Terminal Rajabasa Turun 20 Dampak Psbb Jakarta

Kepala Satuan Pelaksanaan (Kasatpel) Terminal Tipe A Rajabasa Denny Wijdan.

Bandar Lampung – Sejak DKI Jakarta kembali menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), Senin, 14 September 2020, angka transit penumpang asal Jakarta ke wilayah Lampung di Terminal Rajabasa, Kota Bandar Lampung, menurun.

Kepala Satuan Pelaksanaan (Kasatpel) Terminal Tipe A Rajabasa Denny Wijdan menerangkan bahwa sejak diberlakukannya PSBB DKI Jakarta, terpantau terjadi penurunan jumlah penumpang transit asal Jakarta sampai 20 persen. 

“Dengan diberlakukannya PSBB kembali di Jakerta dimulai hari Senin, namun pantauan kita di lapangan mulai hari Sabtu kemarin ada penurunan jumlah penumpang yang singgah di Terminal Rajabasa,” ujarnya, Rabu, 16 September 2020.

Kemudian, terhadap jumlah bus antarkota antarprovinsi (AKAP) pun menurun. Bahkan penurunan jumlah kedatangan bus telah terjadi sebelum dari penerapan PSBB.

“Begitu juga dengan bus AKAP, mulai di berlakukannya PSBB semakin menurun untuk pantauan di Terminal Rajabasa cenderung menurun dari hari-hari bahkan sebelum PSBB,” kata dia.

Meskipun baru beberapa hari, pihak Terminal Rajabasa akan terus melakukan pemantauan di lingkungan terminal. Sebab, angka penurunan akan terus berlanjut sampai DKI Jakarta menghentikan PSBB.

“Penurunan belum terjadi secara signifikan mungkin saat ini kalau diperkirakan sekitar 20 persen,” lanjutnya. 

Menurutnya, hal ini tidak hanya terjadi ketika penerapan PSBB. Namun, dengan kondisi pertumbuhan ekonomi yang belum kembali normal menjadi faktor lainnya, terjadi penurunan jumlah kedatangan penumpang bus dari Jakarta.

“Ditambah dengan kondisi ekonomi negara mengalami penurunan cukup berpengaruh terhadap jumlah kedatangan,” ujarnya. 

Terhadap penerapan protokol kesehatan di lingkungan terminal pun menjadi sorotan utama. Pihak petugas terminal selalu mengimbau baik kepada pedagang, penyedia jasa, dan penumpang untuk tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Dan kita juga lakukan penyemprotan disinfektan setiap hari diseputaran wilayah terminal. Kita juga dibantu pihak Satgas memberikan hukuman terhadap yang tidak memakai masker dengan di kenakan sanksi sosial,” ujarnya. 

“Dari kami mengimbau tetap melaksanakan 3M, mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak dan ini terus kita ingatkan kepada yang berada di terminal untuk menerapkan 3M tersebut,” pungkasnya. (LP)

Share