Dekranasda Tubaba Ikuti Munas Secara Virtual

Dekranasda Tubaba Ikuti Munas Secara Virtual

Ketua dekranasda kabupaten Tubaba, Kornelia sedang mengikuti jalannya Munas dekranasda virtual dari rumah dinasnya, Rabu (19/8/2020).

Panaragan – Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Tulangbawang Barat Kornelia Umar mengikuti Musyawarah Nasional (Munas) Dekranas 2020, melalui virtual zoom, di Panaragan Jaya, Rabu, 19 Agustus 2020.

Turut mengikuti munas secara virtual tersebut Ketua Dekranas Pusat Wury Ma’ruf Amin, dan 494 pengurus Dekranasda seluruh Indonesia. Tema munas adalah “Segi positif pandemi covid 19: momentum percepatan digitalisasi pasar kerajinan menuju industri 4.0.”

Ketua Dekranas Pusat Wury Ma’ruf Amin mengatakan, pandemi covid-19 memaksa semua orang untuk mengubah kebiasaan sebelumnya. Misalnya saat ini masyarakat cenderung menghindarkan aktivitas yang melibatkan kontak fisik secara langsung, hal itu dilakukan sebagai upaya menjalankan protokol kesehatan agar terhindar dari virus covid-19.

Menurutnya, pandemi korona membawa dampak langsung pada sektor kerajinan secara signifikan. Penjualan barang kerajinan selama ini dilakukan dengan cara bertemu langsung, dan belum optimal memanfaatkan teknologi digital. Maka, kondisi saat ini menjadi momentum yang sangat bagus untuk lebih optimal memanfaatkan teknologi digital.

“Kita perlu terus mendorong para pengrajin untuk melakukan inovasi digital, misalnya dalam hal pemasaran dengan memanfaatkan platform online. Dengan pemanfaatan teknologi digital diharapkan dapat membuka peluang yang lebih luas dalam pemasaran produk kerajinan. Kita juga dapat membantu industri kecil menengah atau UKM dalam melakukan adaptasi dengan kebiasaan baru saat ini,” ujar Mury Ma’ruf Amin.

Ketua Dekranasda Tulangbaang Barat akan mensosialisasikan hasil Munas tersebut kepada jajaran pengurus Dekranasda yang lain untuk ditindaklanjuti. (LP)

Share