Demi Abdelhak Nouri, Donny Van De Beek Pilih Nomor 34 Di Manchester United

Van De Beek D1p8jr4okiqv1a995yfs63i1y

Manchester, etalaseinfo.com – Gelandang baru Manchester United, Donny van de Beek (23 tahun), memilih mengenakan jersey bernomor punggung 34 bersama klubnya saat ini tersebut.

Sebelumnya, Man United resmi mendatangkan Van de Beek dari Ajax senilai £35 juta+£4 juta pada Rabu (2/9). Sang pemain dikontrak hingga Juni 2025 dengan opsi perpanjangan setahun.

Nomor tidak biasa tersebut dipilih Van de Beek sebagai penghormatan kepada Abdelhak Nouri, sahabat sekaligus sesama jebolan akademi Ajax Amsterdam.

Van de Beek dan Appie—sapaan Nouri—pun sama-sama sukses menembus skuad utama Ajax pada 2016. Kala itu, VdB memilih nomor punggung 6, sementara Appie menggunakan nomor 34.

Kenapa nomor punggung 34? Nouri sempat mengungkapkan bahwa ia bertekad untuk membantu Ajax meraih gelar ke-34 di Eredivisie Belanda setelah kali terakhir juara pada musim 2013/14. Mulia!

Sayang, karier Nouri berjalan singkat. Pada Juli 2017, pemain berdarah Belanda-Maroko itu ambruk di lapangan saat melakoni laga uji coba kontra Werder Bremen.

Nouri didiagnosa mengalami kerusakan otak permanen akibat serangan jantung dan mengalami koma selama 2 tahun 8 bulan dan 19 hari! Ia akhirnya siuman lalu memutuskan pensiun dari dunia sepakbola.

“Ini adalah hal yang spesial untuk saya, karena sahabat saya, Abdelhak Nouri … mungkin kamu tahu ceritanya. Dia mengalami serangan jantung. Dia adalah teman baik saya. Saya sangat dekat dengan keluarganya dan sering bertukar pikiran dengan mereka,” ucap Van de Beek di situs resmi Man United.

“Jadi, saya memutuskan untuk menggunakan nomor lamanya [34] di jersey Man United saya. Saya ingin memiliki kenangan indah dengan nomor ini,” tambahnya.

Sebelum hengkang pasca-musim 2019/20, VdB akhirnya mampu meneruskan cita-cita Appie dengan mengantarkan Ajax Eredivisie musim 2018/19 yang merupakan gelar ke-34 bagi klub raksasa Belanda tersebut. (Goal)

Share