Di Hari Pertama, 9 Orang Gugur SKB CPNS Pemprov Lampung

9 Orang Gugur Skb Cpns Pemprov Lampung Di Hari Pertama

Peserta SKB CPNS di Lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung mengikuti tes di Gedung Laboratorium Teknik 3 Institut Teknologi Sumatera (Itera) Jalan Terusan Ryacudu Lampung Selatan, Rabu, 16 September 2020.

Bandar Lampung – Sembilan peserta seleksi kemampuan bidang (SKB) untuk calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun anggaran 2019 dengan metode computer assisted test Badan Kepegawaian Negara (CAT BKN) lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung dinyatakan gugur karena tidak hadir tanpa keterangan dalam tes tersebut. 

Plt Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Lampung, Yurnalis, mengatakan untuk pelaksanaan test SKB CPNS khusus untuk formasi di lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung digelar pada Rabu-Kamis, 16-17 September 2020. Peserta yang berhak mengikuti SKB CPNS di Lampung ada 858 orang yang lokasi tesnya di Itera dan 217 orang yang lokasi tesnya di UPT BKN Kanreg Daerah di luar Lampung. Sementara untuk total formasi yang dibutuhkan di lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung ada 435 kursi. 

“Di hari pertama pelaksanaan tes SKB ada sembilan orang yang tidak hadir yaitu sesi I ada empat orang, sesi II ada tiga orang, dan sesi III ada dua orang. Kesembilan orang itu tidak hadir tanpa keterangan, jadi otomatis gugur,” kata Yurnalis, Rabu, 16 September 2020.

Dia mengatakan di CPNS lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung para peserta banyak yang mendaftar pada formasi guru, pendidikan, dan kesehatan. Tetapi ada formasi dokter spesialis yang kosong dan tidak ada yang mendaftar.

“Kalau tidak ada peminat di formasi yang kami sediakan, nanti diusulkan lagi ketika pengadaan CPNS tahun selanjutnya, kemarin posisi dokter spesialis kosong pendaftar,” katanya.

Untuk bobot penilaiannya CPND tahun anggaran 2019, persentasenya ialah SKD 40% dan SKB 60%. Nantinya BKN RI yang menentukan kelulusannya. Usai pelaksanaan CAT SKB CPNS secara nasional, dilanjutkan dengan pengolahan hasil SKD dan SKB (8-18 Oktober 2020), rekon integrasi hasil SKD dan SKB (19-23 Oktober 2020), penyampaian hasil seleksi (26-28 Oktober 2020), pengumuman hasil seleksi (30 Oktober 2020), dan usul penetapan NIP (1-30 November 2020).

“Setelah tes, maka tinggal menunggu pengumuman hasil dari BKN,” katanya.  (LP)

Share